Investor Alihkan Aset ke Dolar AS, Harga Emas Anjlok Dekati Level Terendah

Harga emas dunia merosot pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB - fin.co.id

Jakarta merosot pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB dan bergerak dekat level terendah selama dua bulan terakhir. Hal tersebut terjadi lantaran para pelaku pasar tengah mengalihkan hartanya ke dolar sebagai aset safe haven di tengah meningkatnya kasus corona (-19) dan ketidakpastian terkait stimulus Amerika Serikat berikutnya dalam membantu pemulihan kondisi ekonomi.

Harga emas di pasar spot terpantau turun 0,2 persen ke level USD1.864,39 per ounce, sedangkan emas berjangka Amerika Serikat juga turun 0,6 persen menjadi USD1.866,30 per ons. “Partai Republik dan Demokrat berada di halaman yang sama tentang menempatkan beberapa stimulus tetapi mereka tidak dapat memutuskan jumlah dan ketidakpastian yang mendorong investor memilih dolar,” ujar Edward Moya, analis pasar senior di OANDA di New York, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Pekan ini harga emas telah turun sekitar 4,4 persen, terbesar dalam enam minggu karena ditetapkan untuk minggu terbaiknya sejak awal April 2020. yang lebih kuat mengakibatkan komoditas yang dihargai dalam seperti emas lebih mahal untuk pembeli yang memakai unit lain.

Sementara itu, anggota parlemen utama mengungkapkan bahwa Demokrat di DPR AS sedang mengerjakan paket stimulus senilai USD2,2 triliun yang dapat dipilih minggu depan. minggu ini juga membahas tentang pentingnya lebih banyak stimulus fiskal di tengah kekhawatiran para investor terhadap dampak ekonomi lain dari pandemi virus corona.

Saham ditetapkan untuk jatuh paling banyak untuk setiap minggu sejak Juni 2020 lantaran kekhawatiran atas gelombang kedua penguncian (lock down) terkait virus corona telah membebani selera risiko investor.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (26/9), juga terpantau turun Rp3.000 menjadi Rp1.006.000 per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau emas Antam juga turun Rp3.000 jadi Rp894 ribu per gram. Di Pegadaian, harga jual emas cetakan Antam dipatok Rp1.070.000 dan cetakan UBS Rp1.038.000 per gram.

Loading...