Libur Natal, Harga Emas Naik Tipis Akibat Lemahnya Dolar AS

Harga Emas - news.sky.comHarga Emas - news.sky.com

Jakarta mengalami kenaikan tipis pada perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB sebelum perayaan Natal 2020 karena tertolong oleh pelemahan . Melonjaknya harga logam mulia ini juga terjadi usai Inggris mencapai kesepakatan dengan terkait .

Adapun harga emas di spot terpantau naik 0,3 persen jadi .1877,41 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka menguat 0,2 persen ke level USD1.882,10 per ons. “Faktor yang memberikan dorongan kepada emas adalah indeks dolar AS yang lebih lemah selama beberapa hari terakhir setelah kenaikan awal pekan ini. Namun kenaikan tersebut dibatasi dengan pasar saham global yang masih dalam mode reli dan itu menarik dana dari emas,” ungkap analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Alhasil, para pelaku pasar lebih memilih melarikan hartanya ke aset-aset berisiko termasuk pound sterling sehingga menekan nilai tukar dolar AS usai Inggris mencapai kesepakatan perdagangan Brexit (British Exit) dengan Uni Eropa. “Investor cukup yakin dengan stimulus fiskal dan moneter dari pemerintah di seluruh dunia, meskipun suntikan vaksin mampu mengurangi penyebaran virus,” imbuh analis UBS Giovanni Staunovo.

Kekhawatiran terkait penyebaran varian virus corona yang lebih mudah menular telah mengakibatkan pengetatan pembatasan di Inggris, menggarisbawahi kekhawatiran atas pemulihan kondisi setelah pandemi -19.

Harga emas sendiri telah naik sekitar 23 persen sepanjang tahun 2020 ini dan bersiap untuk meraup keuntungan tahunan terbesar sejak 2010. Hal ini terjadi setelah bank sentral dan pemerintah secara global melepaskan stimulus yang tak tertandingi untuk meredam pukulan ekonomi akibat krisis virus corona.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk pada Jumat (25/12) terpantau naik tipis sebesar Rp2.000 menjadi Rp973 ribu per gram. Demikian pula harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga naik Rp2.000 ke level Rp861 ribu per 1 gram. Sampai hari ini, Sabtu (26/12), harga emas Antam masih terpantau stabil belum mengalami perubahan. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan UBS dijual Rp934 ribu per gram.

Loading...