Permintaan Safe Haven di Tengah Corona Makin Tinggi, Harga Emas Ikut Melonjak

Ilustrasi: timbangan emas batangan (sumber: moneycontrol.com)Ilustrasi: timbangan emas batangan (sumber: moneycontrol.com)

Jakarta emas mengalami kenaikan pada Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran pembelian aset investasi dengan risiko rendah (safe haven) mengimbangi permintaan terhadap uang tunai di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap kondisi di tengah .

Akan tetapi, batangan menuju penurunan mingguan kedua lantaran para investor menjual logam mulia untuk memenuhi panggilan margin dalam aset lainnya. di pasar spot terpantau naik 0,84 persen jadi 1.482,57 per ons usai melemah 1 persen pada sesi perdagangan sebelumnya. Harga emas tersebut menuju penurunan hampir 3 persen pada minggu ini. Sementara itu, harga emas berjangka Amerika Serikat menguat 0,34 persen ke level 1.484,70.

“Ini jelas berisiko membeli lindung nilai. Apa yang bisa Anda beli untuk melindungi risiko akhir pekan? Anda bisa dalam bentuk tunai atau logam mulia, itu saja,” ungkap Jeffrey Halley, Analis Pasar Senior di OANDA, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Saham di Asia mencari penangguhan hukuman setelah kenaikan di Wall Street. Sedangkan AS melampaui rekor tertinggi dalam 3 tahun lantaran pandemi virus corona mendorong permintaan terhadap uang tunai. Federal Reserve pun membuka keran bagi -bank sentral di 9 negara baru untuk mengakses dolar dengan harapan dapat mencegah corona yang menyebabkan kemunduran ekonomi global.

Sejumlah negara meluncurkan kebijakan untuk membendung dampak ekonomi dari corona. Senat AS meluncurkan rencana stimulus ekonomi sebesar USD1 triliun. Sedangkan Bank of England (BoE) menawarkan 200 miliar pound sterling pembelian obligasi serta memangkas suku bunga utama jadi 0,1 persen.

Harga emas pun sudah bereaksi terhadap pergerakan di pasar keuangan dan terkadang mendapat dukungan dari langkah-langkah stimulus. “Itu adalah perjalanan yang bergelombang karena likuiditas dan partisipasi terus turun. Saya tidak begitu yakin ini adalah fungsi dari pasar, atau karena fakta bahwa banyak pedagang emas bekerja di rumah,” ungkap Stephen Innes, Kepala Strategi Pasar di AxiCorp.

Tak jauh berbeda, dari dalam negeri ternyata harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (21/3), melonjak Rp11.000 jadi Rp870 ribu, dengan harga pembelian kembali yang naik Rp13.000 menjadi Rp791 ribu per 1 gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan dijual Rp839 ribu dan cetakan UBS Rp820 ribu per gram.

Loading...