Data Ekonomi AS Positif, Harga Emas Naik Tipis Jelang Natal

Ilustrasi: perdagangan emas (sumber: moneycontrol.com)Ilustrasi: perdagangan emas (sumber: moneycontrol.com)

Jakarta – Laju saat ini tertahan karena indikator positif hadir dari ekonomi Amerika Serikat di tengah kondisi politik yang sedang memanas. di pasar spot dilaporkan masih ada di level USD1.477,40 per ounce, masih berada di jalur untuk kenaikan mingguan. Sementara itu, emas berjangka AS turun 0,2 persen menjadi USD1.480,90 per ons.

“Ada kekhawatiran bahwa stok sangat panas saat ini. Dan ada yang membeli emas sebagai penyokong jika hal itu berubah,” kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Pasar saham dunia mencapai rekor tertinggi, sementara AS berada di pekan terbaik terhadap sejumlah mata uang utama. Keuntungan dalam selisih harga emas terbatas usai data menunjukkan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat meningkat pada kuartal ketiga di tengah tanda-tanda ekonomi yang bergejolak.

Di sisi lain, data ekonomi yang positif belum lama ini dan optimisme terkait perang dagang antara AS dengan China telah memunculkan ekspektasi bahwa Federal Reserve tak akan memangkas suku bunga acuannya lagi dalam waktu dekat. Sementara itu, Menteri AS Steven Mnuchin menuturkan bahwa AS dan China akan menandatangani pakta tahap 1 di awal Januari 2020 mendatang.

Aset safe haven pun sejauh ini sudah menguat lebih dari 15% tahun 2019 di tengah kekhawatiran terkait resesi karena adanya perang dagang yang berlangsung selama 17 bulan antara AS dan China. “Pedagang dan investor mengalihkan perhatian mereka ke liburan mendatang, termasuk mengkuadratkan buku mereka, sehingga minat dan volume perdagangan cenderung berkurang dalam beberapa minggu ke depan,” ujar analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (21/12) hanya naik tipis sebesar Rp1.000 dari Rp751 ribu menjadi Rp752 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp1.000 menjadi Rp665 ribu per gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan dijual Rp766 ribu per gram dan cetakan UBS harganya Rp740 ribu per gram.

Loading...