Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Harga Emas Hari Ini Naik Tembus Rp905 Ribu

Emas batangan 50 gramEmas batangan 50 gram

Jakarta mengalami kenaikan pada perdagangan hari Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran adanya kenaikan jumlah kasus virus corona (Covid-19) sehingga mengakibatkan munculnya kekhawatiran gelombang kedua pandemi yang dapat mendorong pemerintah untuk melakukan lockdown baru.

Harga emas di spot dilaporkan naik 1,1 persen ke level USD1.740,79 per ounce. Sedangkan emas berjangka Amerika Serikat ditutup menguat 1,3 persen menjadi USD1.753 per ons. Ini sekaligus menjadi harga level tertinggi sejak 2012 yang dicapai bulan lalu di angka USD1.764,55.

“Ada peningkatan berkelanjutan dalam COVID-19 di seluruh Selatan dan Barat Daya AS dengan jumlah pasien rawat inap meningkat. Itu telah menyebabkan sedikit kekhawatiran pasar, yang menguntungkan emas,” ujar Jeffrey Sica, pendiri Circle Squared Alternative Investments, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Sekitar lebih dari 8,38 juta orang di seluruh dunia sudah terinfeksi virus corona. Awal pekan ini bahkan sekitar 400 pekerja di sebuah rumah pemotongan hewan di Jerman utara melakukan tes untuk virus tersebut, dan pada hari Jumat melaporkan adanya 32 kasus baru Covid-19. “Tidak peduli apa konsekuensi jangka panjangnya, seperti , akan ada stimulus lanjutan di seluruh dunia dan itu akan menjaga harga emas tetap tren naik dalam jangka panjang,” beber Sica.

Sepanjang tahun 2020 ini, harga emas telah melonjak sekitar 15% didukung oleh permintaan safe haven di tengah kekhawatiran para investor terkait perlambatan serta jumlah dukungan fiskal dan pemerintah maupun yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Spot gold belum ditutup di atas USD1.750, dan jika dan ketika itu terjadi, kami menduga momentum baru dan pembelian baru akan mendorong harga lebih tinggi menuju USD1.800,” kata analis Saxo Bank Ole Hansen.

Sementara itu, dari dalam negeri ternyata harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (20/6), naik drastis sebesar Rp10 ribu menjadi Rp905 ribu per 1 gram. Harga pembelian kembali atau buyback emas juga naik Rp10 ribu ke level Rp794 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan Rp905 ribu per gram dan cetakan UBS harganya Rp886 ribu per gram.

Loading...