Harga Emas Naik Usai Trump Ancam Kenakan Tarif Impor Baru ke China

Harga Emas - sahabatpegadaian.comHarga Emas - sahabatpegadaian.com

Jakarta emas naik lebih dari 1 persen pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB. Kenaikan emas ini dipicu sentimen risiko yang memburuk di Serikat, terutama setelah AS Donald Trump mengancam akan memberlakukan baru di China.

Harga emas di spot terpantau naik 0,9 persen ke level USD1.695,21 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,4 persen menjadi USD 1.700,90 per ounce. “Kami melihat beberapa kelemahan di ekuitas AS. Tampaknya Trump mengisyaratkan kebangkitan perang perdagangan. Banyak melikuidasi berbagai kelas aset yang mungkin terpengaruh oleh itu dan kembali ke yang aman, khususnya emas,” ujar Phil Streible, Kepala Strategi di Blue Line Futures di Chicago.

Pada Kamis lalu, Trump menyatakan bahwa perjanjian dagang dengan China kini menjadi kepentingan sekunder pada pandemi virus corona (Covid-19) dan Trump mengancam untuk mengenakan tarif baru di Beijing, ketika pemerintahannya sedang merancang langkah-langkah pembalasan atas wabah tersebut.

Di tengah kondisi yang tidak menentu, logam mulia seperti emas dianggap sebagai investasi dengan nilai yang aman. Emas ada di jalur untuk membukukan penurunan lebih dari 1 persen pekan ini karena lebih banyak ekonomi melonggarkan pembatasan serta karena investor berupaya menutupi kerugian di pasar yang lebih luas.

Berdasarkan data terbaru, aktivitas manufaktur Amerika Serikat anjlok ke level terendah dalam 11 tahun pada April 2020 saat virus corona (Covid-19) menyebabkan kekacauan pada rantai pasokan. Hal itu pula yang membuat para analis berpendapat bahwa ekonomi sedang tenggelam lebih dalam ke jurang resesi. Emas sendiri cenderung memperoleh manfaat dari stimulus ekonomi lantaran sering dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap dan penurunan nilai .

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk berdasarkan update terakhir tanggal 30 April 2020 terpantau stagnan di angka Rp928 ribu per gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback Rp829 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam hari ini, Sabtu (2/5), dijual Rp949 ribu per 1 gram dan cetakan UBS Rp935 ribu per gram.

Loading...