Awal Tahun 2021, Harga Emas Bergerak Cenderung Datar

Harga Emas - www.nuga.coHarga Emas - www.nuga.co

Jakarta – Harga terpantau bergerak mendatar pada penutupan perdagangan Kamis atau Jumat (1/1/2021) pagi WIB. Harga tersebut dalam perjalanan untuk mencatatkan kinerja tahunan terbaik selama satu dekade.

Harga di spot bergerak stagnan di level 1.893,84 per ounce. Harga emas tersebut telah menguat lebih dari 24 persen sepanjang tahun 2020, sekaligus menjadi kenaikan terbaik dari tahun 2010 silam. Sementara itu, harga emas berjangka dilaporkan naik 0,3 persen jadi USD1.898,70 per ons.

“Dengan berkurangnya aktivitas pelaku pasar pada hari terakhir tahun ini, saya memperkirakan emas akan bergerak dalam kisaran yang sempit. Beberapa dukungan untuk emas datang dari yang sedikit lebih lemah dan riil AS yang sedikit lebih rendah,” ungkap analis UBS Giovanni Staunovo, seperti dilansir dari Liputan6.

Akan tetapi, Giovanni berpendapat bahwa harga emas akan terus bergerak naik pada kuartal I 2021. Ia memprediksi harga emas akan ada di kisaran USD1.950 per ounce. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya sentimen dorongan kebijakan moneter dan fiskal untuk meningkatkan angka inflasi. Kedua kebijakan itu pula yang akan membuat suku bunga obligasi AS semakin tertekan dan memberi suntikan tenaga untuk emas.

Di samping itu, kurs dolar AS terperosok ke level terendah dalam 2 tahun, sehingga mengakibatkan harga emas lebih murah untuk para yang bertransaksi dengan mata uang selain dolar AS. Sentimen lain yang mendukung kenaikan harga emas adalah bursa yang turun akibat aktivitas penguncian atau lockdown yang lebih luas untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Harga emas batangan PT Aneka Tambang () hari ini, Sabtu (2/1), berada di level Rp969 ribu per 1 . Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas terpantau naik Rp5 ribu dari Rp855 ribu menjadi Rp860 ribu per gram berdasarkan data terakhir di Butik Emas LM Pulo Gadung, Jakarta Selatan. Sedangkan di Pegadaian harga emas batangan cetakan UBS dijual Rp959 ribu per gram.

Loading...