Emas Dunia Rebound, Harga Emas Antam Hari Ini Sedikit Turun

Harga Emas - menara62.comHarga Emas - menara62.com

Jakarta mengalami kenaikan pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB, bangkit dari level terendah lebih dari 7 bulan sebelumnya akibat AS yang anjlok. Akan tetapi, kenaikan imbal hasil US Treasury menahan harga emas batangan di jalur penurunan mingguan terbesar sejak awal Januari.

Harga emas di pasar spot terpantau naik 0,3 persen jadi USD1.780,86 per ounce usai merosot ke level terendah sejak 2 Juli 2020 di posisi USD1.759,29 per ons. Logam mulia turun sekitar 2,4 persen sepanjang pekan ini dan mencatat penurunan mingguan terbesar sejak 8 Januari 2021. Sementara itu, harga emas berjangka Amerika Serikat ditutup menguat 0,1 persen ke angka USD1.777,40 per ounce.

“Penurunan dolar AS kemungkinan telah mendorong emas lebih tinggi,” ujar Bart Melek, Kepala di TD Securities, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6. Dolar AS terkoreksi 0,3 persen terhadap mata uang pesaingnya dan sepertinya akan membukukan kerugian mingguan kedua berturut-turut. “(Namun), masalah (untuk emas) tetap pada imbal hasil, dan kami terus melihat di seluruh kurva bergerak lebih tinggi,” imbuh Melek.

Tolok ukur imbal hasil Treasury AS naik mendekati level tertinggi setahun sebelumnya. Sedangkan emas dipandang sebagai aset lindung nilai inflasi, ekspektasi inflasi yang lebih tinggi telah mendorong imbal hasil, sehingga meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberi imbal hasil.

Harga emas masih memperoleh keuntungan dari kebijakan moneter yang longgar dan suku bunga riil yang rendah tahun ini, menurut para analis. Analis Commerzbank mengungkapkan bahwa perilaku harga emas mirip seperti tsunami, dengan harga surut pada fase pertama sebelum kembali naik dengan lebih keras.

Sementara itu, dari dalam negeri harga emas batangan PT (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (19/2) dilaporkan turun tipis sebesar Rp2.000 menjadi Rp923 ribu per 1 gram. Sedangkan harga kembali atau buyback emas Antam juga turun Rp2.000 menjadi Rp798 ribu per gram. Di Pegadaian, harga emas 1 gram cetakan UBS Rp916 ribu per gram.

Loading...