Harga Emas Terperosok Usai Trump Ungkap Rencana Buka Lockdown AS

Harga Emas - www.bangkokpost.comHarga Emas - www.bangkokpost.com

Jakarta – Harga logam mulia emas mengalami penurunan sebesar 2 persen pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB usai pedoman baru Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk membuka kembali ekonomi AS dan mendorong data awal terkait (Covid-19) yang berpotensi mendorong para pelaku menuju aset berisiko.

Harga emas di pasar spot dilaporkan turun 1,7 persen menjadi USD1.689,22 per ounce, USD60 lebih rendah dari puncak harga awal minggu ini di tengah kekhawatiran pasar terhadap resesi terburuk dalam beberapa dekade.

“Emas dan berkorelasi negatif hari ini dengan reli ekuitas semalam menekan emas. Pedoman dari Trump untuk membuka kembali perekonomian telah mendorong pasar ekuitas. Jika bisa memperpanjang kenaikan, itu bisa memicu lebih banyak aksi ambil untung dalam emas,” ujar Tai Wong, Kepala Perdagangan Derivatif Logam Dasar dan Mulia di BMO, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Pasar saham dunia melaju ke kenaikan minggu kedua berturut-turut usai Trump berencana secara bertahap membuka kembali ekonomi AS yang terdampak virus corona. Bullion pun terkadang bergerak seiring pasar saham tahun 2020 ini, dengan aksi jual belum lama ini yang mendorong untuk menjual logam mulia guna menutupi kerugiannya di tempat lain.

“Harga emas akan tetap didukung oleh stimulus moneter dan fiskal yang akan terjadi di masa mendatang. Jika terjadi kemunduran yang lebih dalam, level USD 1.650 tetap menjadi kunci dukungan,” ungkap Edward Moya, Analis Pasar Senior OANDA.

Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat turun 1,6 persen ke level USD1.704,70 per ons. Hal ini sekaligus menandakan ekspektasi untuk peningkatan logistik rantai pasokan yang tegang telah menghambat pengiriman emas batangan ke Amerika Serikat untuk memenuhi kontrak.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT () Tbk hari ini, Sabtu (18/4) turun Rp15 ribu jadi Rp927 ribu per 1 gram dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga turun Rp15 ribu menjadi Rp825 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan hari ini dijual Rp963 ribu per gram dan cetakan UBS Rp950 ribu per gram.

Loading...