Harga Emas Dunia Capai Level Tertinggi dalam 7 Pekan, Emas Antam Cuma Naik Tipis

Emas BatanganEmas Batangan

Jakarta telah mencapai level tertinggi dalam 7 pekan terakhir pada Jumat atau Sabtu pagi WIB. juga sekarang ada di jalur mingguan terbaik sejak pertengahan Desember 2020 lantaran didukung oleh dolar AS yang rendah dan penurunan tajam imbal hasil Treasury AS pada sesi sebelumnya.

Harga emas di spot dilaporkan naik 0,8 persen jadi USD1.778,04 per ounce, usai sebelumnya menginjak level tertinggi sejak 25 Februari pada USD1.783,55 per ons. Sepanjang minggu ini, harga emas sudah menguat 2 persen. Sementara itu, harga emas berjangka Amerika Serikat berakhir menguat 0,8 persen menjadi USD1.780,20 per ounce.

“Argumen makro untuk emas juga meningkat. (Harga emas) siap untuk bergerak menuju USD 1.800. Kita telah membuat banyak investor meninggalkan beberapa posisi karena beberapa penjualan teknis yang ekstrim yang kita lihat dengan hasil Treasury dan itu benar-benar memberikan latar belakang yang kuat di sini untuk harga emas untuk terus terapresiasi,” ujar Edward Moya, Analis Pasar Senior di OANDA, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Kenaikan harga emas terjadi walaupun terdapat penjualan ritel AS yang kuat dan penurunan signifikan dalam klaim pengangguran mingguan. Penurunan imbal hasil 10 tahun di bawah level kunci 1,60 persen. “Telah memungkinkan harga emas di pasat spot menembus di atas simple moving average (SMA) 50-hari untuk pertama kalinya sejak awal Februari,” imbuh Analis Pasar FXTM Han Tan.

emas terbesar dunia, yakni China dikabarkan sudah memberi izin pada bank domestik dan internasional untuk mengimpor emas dalam jumlah besar ke negara tersebut. Hal ini berkaitan dengan potensi kenaikan harga emas.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (17/4), terpantau naik tipis Rp2.000 menjadi Rp937 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp2.000 jadi Rp832 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam 1 gram Rp976 ribu dan cetakan UBS harganya Rp939 ribu.

Loading...