Harga Emas Jatuh Akibat Kenaikan Imbal Hasil Treasury AS

Harga Emas - metrotvnews.comHarga Emas - metrotvnews.com

– Harga pada hari Jumat atau Sabtu (15/8) pagi WIB jatuh dan berada di jalur mingguan terburuk sejak bulan Maret 2020. Penurunan harga ini ditengarai akibat kenaikan imbal hasil Treasury AS dan kemacetan atas tagihan stimulus untuk membantu ekonomi yang terdampak (Covid-19), sehingga mengurangi daya tarik .

Harga emas di spot terpantau turun 0,5 persen ke level USD1.943,18 per ounce dan emas berjangka AS merosot 1 persen menjadi USD1.949,80. Usai menginjak rekor tertinggi di posisi USD2.072,50 pada 7 Agustus 2020 dan naik selama 9 pekan sebelumnya, harga emas batangan terkoreksi 4,5 persen minggu ini.

“Pasar emas berada dalam keadaan parabola, jadi ketika Anda melakukan sedikit kenaikan dalam imbal hasil bersama dengan kebuntuan pada tagihan stimulus, itu akan melihat sedikit retracement. Kami mungkin telah melangkah terlalu jauh, terlalu cepat, dan kami yakin pasar membutuhkan jeda, konsolidasi. Dan itulah yang kami lihat,” ucap David Meger, direktur logam di High Ridge Futures, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Selain itu, data ekonomi pun lebih buruk dari prediksi pasar, termasuk angka penjualan ritel Amerika Serikat yang mengecewakan juga telah menahan laju emas. Patokan imbal hasil US Treasury 10 tahun melayang di dekat level tertinggi 7 minggu. Sedangkan harapan untuk putaran baru bantuan Covid-19 AS memudar ketika Kongres memasuki masa istirahat.

Hasil yang lebih tinggi telah meningkatkan peluang dalam memegang aset non-imbal hasil seperti emas batangan, di mana harga emas telah melonjak lebih dari 28 persen sepanjang tahun 2020 ini. “Kami akan mencapai titik tertinggi sepanjang masa lagi dengan kemungkinan stimulus yang substansial dan kemungkinan kekacauan di sekitar akan mendorong orang untuk melarikan diri,” imbuh Jeffrey Sica, pendiri Circle Squared Alternative Investasi.

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini turun Rp5.000 menjadi Rp1.035.000 per gram dengan harga pembelian kembali (buyback) turun Rp3.000 jadi Rp927 ribu per 1 gram. Sementara itu, harga emas batangan cetakan Antam di Pegadaian dijual Rp1.105.000 dan cetakan UBS harganya Rp1.094.000 per gram.

Loading...