Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Harga Emas Kembali Bersinar

Ilustrasi: perdagangan emasIlustrasi: perdagangan emas

Jakarta emas terpantau naik pada Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran meningkatnya infeksi virus corona (Covid-19) secara yang memicu kembali kekhawatiran terkait kerugian akibat pandemi. Sedangkan keraguan pasar atas jangkauan potensi vaksin Covid-19 telah membuat popularitas seperti emas makin meningkat.

Harga emas di pasar spot dilaporkan menguat 0,5 persen ke level USD1.884,76 per ounce. Namun harga emas batangan masih menderita kerugian mingguan terburuk sejak akhir September 2020, sejauh ini sudah turun 3,4 persen, terutama akibat euforia awal atas vaksin efektif dari Pfizer di awal pekan. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat ditutup naik 0,7 persen jadi USD1.886,20 per ons.

“Kasus COVID-19 yang berkecamuk di AS dan ketidakpastian seputar itu serta potensi kerusakan ekonomi dalam beberapa bulan mendatang; semua itu mendukung kenaikan harga emas,” ujar Analis Senior Kitco Metals Jim Wyckoff, seperti dilansir dari CNBC melalui Liputan6.

Sebagai informasi, pada Senin lalu Pfizer dan BioNTech SE mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 mereka lebih dari 90% efektif jika didasarkan pada hasil uji coba awal. “Semua orang sangat senang dengan vaksin ini, tapi kemudian kesadaran yang suram muncul bahwa vaksin itu mungkin tidak akan tersedia untuk konsumsi masyarakat umum sampai akhir dingin atau semi dan sampai saat itu … kita harus melewati beberapa kesulitan,” papar Wyckoff.

Harga emas juga mencuat akibat kurs atau nilai tukar dolar AS yang melemah. “Ada ketakutan gelombang kedua dengan penguncian (lockdown) dan pembatasan dan pasar harus bekerja melalui (beberapa) stimulus apakah kita berada dalam situasi yang lemah atau dengan presiden terpilih baru. Jadi, pasar pada suatu saat harus mengantisipasi uang dan harga itu dalam potensi inflasi,” ungkap Eli Tesfaye, Ahli Strategi Pasar Senior di RJO Futures.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (14/11), naik Rp7.000 jadi Rp985 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga naik Rp6.000 menjadi Rp864 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan UBS hari ini Rp952 ribu per gram.

Loading...