Harga Emas Dunia Melonjak, Emas Antam Justru Merosot

Harga Emas - finroll.comHarga Emas - finroll.com

Jakarta mengalami kenaikan pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB. Para pelaku memutuskan untuk membeli sebagai aset safe haven lantaran timbulnya kekhawatiran gelombang kedua kasus (Covid-19) dapat memperburuk prospek dari Federal Reserve.

Adapun harga emas di pasar spot naik 0,4 persen jadi USD1.734,66 per ounce dan sudah melonjak sekitar 3 persen sepanjang minggu ini. Harga emas juga menuju kenaikan mingguan terbesar sejak 10 April 2020. Sementara itu, harga emas berjangka Amerika Serikat naik 0,2 persen ke level USD1.742,80 per ons.

“Meskipun pasar saham tentatif rebound pagi ini, kami melihat harga emas naik karena masih ada safe-haven yang aman oleh pedagang institusional,” ungkap Edward Moya, Analis Pasar Senior OANDA, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Kenaikan kasus virus corona belum lama ini di berbagai negara bagian Amerika Serikat menggambarkan peningkatan pengujian terhadap virus tersebut. “Ini bukan gelombang kedua. Ini hanya virus yang bekerja di seluruh negeri dan Anda akan melihat bahwa menggagalkan banyak rencana pembukaan kembali di seluruh negeri, yang berarti aktivitas ekonomi lebih lambat yang seharusnya mendukung harga emas,” sambung Moya.

Di sisi lain, indeks-indeks saham utama Amerika Serikat berhasil rebound dari pelemahan pada sesi perdagangan sebelumnya pada Kamis. Hal ini terjadi karena ekspektasi The Fed akan jalan panjang menuju pemulihan ekonomi. Selain itu, harapan tersebut memberi bayangan terhadap terkait pemulihan kondisi ekonomi yang cepat.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) menurut update terakhir pada hari Jumat (12/6) kemarin terpantau turun Rp7.000 menjadi Rp886 ribu per gram. Adapun harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga anjlok Rp7.000 ke level Rp777 ribu per 1 gram. Harga tersebut berlaku di Butik Emas LM Pulogadung Jakarta. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam hari ini Rp905 ribu per gram dan emas cetakan UBS harganya Rp886 ribu per gram.

Loading...