Pasar Fokus pada Stimulus AS, Harga Emas Merosot

Emas batanganHarga emas kembali naik pada perdagangan Senin (2/9) ini - www.infoperbankan.com

Jakarta dilaporkan melemah pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB di tengah stabilnya kurs AS. Harga emas di spot terpantau turun 0,2 persen ke level USD1.822,15 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat juga melemah 0,2 persen jadi USD1.823,20 per ons.

Walaupun dolar AS bertahan stabil, nilai tukar dolar AS disebut mencapai kerugian terbesar dalam 8 mingguan terakhir. “Latar belakang makro tetap mendukung, dengan harga emas kemungkinan akan melanjutkan tren naiknya dalam beberapa minggu mendatang karena ekspektasi kami untuk dolar melemah lebih lanjut di samping imbal hasil riil tetap rendah atau negatif. Fokus pasar tetap pada dan waktu stimulus fiskal AS, ekspektasi inflasi dan kemajuan peluncuran vaksin,” ungkap analis Standard Chartered Suki Cooper, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Harga emas juga sedang menuju kenaikan mingguan pertama setelah melalui tren pelemahan. Hal itu dibantu oleh ekspektasi untuk bantuan (Covid-19) senilai USD1,9 triliun, mengingat statusnya sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi yang kemungkinan dipicu oleh stimulus yang meluas.

Dolar AS lesu karena adanya sinyal pasar pekerjaan AS melemah yang dapat merusak ekspektasi investor terkait kecepatan pemulihan pasca pandemi Covid-19. Adapun klaim pengangguran Amerika Serikat turun sedikit pada pekan lalu lantaran pasar tenaga kerja terus menurun. Tetapi, penurunan kasus Covid-19 baru berhasil meningkatkan optimisme yang berhati-hati bahwa momentum bisa meningkat pada semi.

“Peluncuran vaksin yang lebih lambat dari perkiraan dan munculnya varian virus korona dapat membuat kekebalan kawanan terhadap COVID-19 menjadi sulit, tetapi itu seharusnya tidak menghentikan ekonomi dari rebound,” kata seorang bankir sentral AS.

Sementara itu, dari dalam negeri harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) hari ini, Sabtu (13/2), terpantau turun sebesar Rp5.000 menjadi Rp940 ribu per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam di Butik Emas LM Pulo Gadung juga turun Rp5 ribu ke angka Rp820 ribu per gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan UBS 1 gram Rp934 ribu per gram.

Loading...