Optimisme Stimulus AS Picu Kenaikan Harga Emas

Harga Emas - news.sky.comHarga Emas - news.sky.com

Jakarta emas dilaporkan naik pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB di tengah kenaikan mingguan kedua berturut-turut. Naiknya tersebut terjadi karena para pelaku bertaruh pada paket bantuan (Covid-19) di Amerika Serikat yang akan segera disahkan.

Adapun harga emas di pasar spot terpantau naik 0,3 persen ke level USD1.839,90 per ounce, usai sebelumnya melorot sebesar 0,6 persen. Sedangkan harga emas berjangka AS berakhir menguat 0,3 persen jadi USD1.843,60 per ons.

“Kami masih yakin paket stimulus akan dikeluarkan dan itu akan terus menjadi dukungan yang mendasari harga emas dan perak untuk bergerak maju,” ungkap David Meger, Direktur Perdagangan Logam di High Ridge Futures, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Meger menjelaskan, terhentinya rencana bantuan stimulus di Kongres AS telah mendorong kemunduran awal dalam emas. Harga emas sudah ada di bawah tekanan usai mendekati level USD1.875 per ons di awal pekan ini di tengah penguatan tipis AS usai beranjak dari posisi terendah belum lama ini.

Sementara itu, anggota parlemen AS sedang mencari lebih banyak waktu untuk merampungkan kesepakatan terkait paket stimulus di tengah meningkatnya tekanan yang berasal dari data ketenagakerjaan AS yang lemah dan meningkatnya jumlah kasus Covid-19. “Anda akan melihat harga emas bergerak lebih tinggi tahun depan, tetapi tahun ini, itu akan cukup berombak memasuki akhir tahun,” kata Chris Gaffney, pasar dunia di TIAA Bank.

Harga emas yang dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap dan penurunan nilai mata uang telah mencuat lebih dari 21 persen sepanjang tahun 2020 ini, karena ditopang oleh berbagai stimulus untuk mendukung yang dilanda oleh pandemi Covid-19.

“Kami akan mendapatkan kesepakatan stimulus pada akhir bulan dan Federal Reserve AS akan mempertahankan sikap moneternya yang sangat longgar, dan itu akan membantu mendukung harga emas hingga 2021,” terang Michael Hewson, Kepala Analis Pasar di CMC Markets Inggris.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (12/12), terpantau masih stagnan di angka Rp954 ribu per 1 gram dengan harga buyback (pembelian kembali) yang sama seperti kemarin, yaitu Rp834 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas batangan cetakan UBS 1 gram dijual Rp941 ribu.

Loading...