Profit Taking, Harga Emas Dunia Hari Ini Turun & Emas Antam Stagnan

Harga Emas - sahabatpegadaian.comHarga Emas - sahabatpegadaian.com

Jakarta terkoreksi pada Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran adanya kenaikan pada ekuitas Amerika Serikat. Meski demikian, emas masih dalam jalur kenaikan selama 5 minggu berturut-turut-turut.

Harga emas di pasar spot terpantau turun 0,3 persen ke level USD1.797,89 per ounce. Sedangkan emas berjangka Amerika Serikat harganya juga ditutup melemah 0,1 persen menjadi USD1.801,9. Jika ditinjau secara mingguan, harga emas telah naik lebih dari 1,4 persen usai mengalami reli ke level tertinggi sejak September 2011 pada angka USD1.817,71 pada Rabu lalu.

“Emas telah naik sedikit dalam sepekan terakhir seiring dengan aliran eksponensial di ETF. Sekarang akhir pekan ini mendekati dengan pasar ekuitas yang kuat, mengambil keuntungan dan memesan keuntungan untuk mengambil posisi dalam aset berisiko,” ucap George Gero, direktur pelaksana RBC Wealth Management, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Sementara itu, pada hari Jumat saham AS menguat sebagai pembaruan dari antivirus Gilead untuk mengobati Covid-19 di tengah kekhawatiran atas kenaikan rekor dalam kasus di AS. Walaupun ada kemunduran pada hari Jumat, logam tidak menghasilkan sudah meningkat lebih dari 18 persen sepanjang tahun 2020 ini.

“Imbal hasil sepuluh tahun masih menurun lebih dari ekspektasi inflasi menurun, dan itu menjadi pendorong di belakang emas, dan mengapa kita melihat cambuk ini pada hari itu,” beber Daniel Ghali, ahli komoditas di TD Securities. Menahan pelemahan emas, imbal hasil Treasury AS 10 tahun dilaporkan turun ke posisi terendah sejak akhir April 2020.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (11/7) terpantau stagnan atau tidak berubah dari harga Jumat kemarin di posisi Rp937 ribu per 1 gram. Harga kembali atau buyback emas Antam pun stagnan di angka Rp935 ribu per gram menurut data terakhir pukul 08.12 WIB di Butik Emas LM Pulo Gadung. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam 1 gram Rp946 ribu dan cetakan UBS harganya Rp937 ribu per gram.

Loading...