Harga Emas Bersinar Usai The Fed Beri Stimulus Moneter

Ilustrasi: tumpukan koin emas (sumber: mining.com)Ilustrasi: tumpukan koin emas (sumber: mining.com)

Jakarta emas mengalami kenaikan lebih dari 2 persen ke posisi tertinggi dalam sebulan pada Kamis usai Federal Reserve mengumumkan stimulus besar-besaran guna menanggulangi korban akibat pandemi (Covid-19).

di spot naik 2 persen ke level USD1.678,53 per ounce usai sebelumnya menginjak level tertinggi sejak 9 Maret 2020 di posisi USD1.684,84. Angka tersebut mengalami peningkatan sekitar 3,8 persen sepekan ini. Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat naik 3 persen jadi USD1.734,20.

meluncurkan stimulus menawarkan bantuan besar untuk usaha kecil dan menengah,” ujar Tai Wong, kepala derivatif logam mulia dan dasar di BMO, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Federal Reserve merilis upaya luas USD2,3 triliun guna mendukung pemerintah daerah dan usaha kecil dan menengah dalam langkah terbaru untuk menjaga Amerika Serikat supaya tetap stabil ketika negara sedang menghadapi pandemi virus corona. Gubernur The Fed Jerome Powell menuturkan bahwa pihak bank sentral akan terus memakai semua alat yang tersedia hingga ekonomi AS mulai sepenuhnya pulih dari kerugian yang diakibatkan pandemi. Hal itu pula yang memengaruhi harga emas.

Berdasarkan laporan terbaru, jumlah warga AS yang mengajukan tunjangan pengangguran dalam 3 pekan terakhir sudah melebihi 15 juta, dengan klaim baru mingguan mencapai 6 juta untuk kali kedua berturut-turut minggu lalu lantaran virus corona telah mengakibatkan negara tiba-tiba terhenti.

“Dampak ekonomi dari pandemi ini kemungkinan besar akan menyita pasar dalam waktu yang sangat lama, bahkan ketika pandemi telah mereda. Emas kemungkinan mendapat untung dari melimpahnya uang bank sentral dan utang baru,” jelas analis Commerzbank.

Sementara itu, dari dalam negeri harga emas PT Aneka Tambang () Tbk menurut update terakhir hari Kamis (9/4) lalu terpantau turun Rp8.000 jadi Rp938 ribu per gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang justru naik Rp10.000 menjadi Rp846 ribu per 1 gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan hari ini, Sabtu (11/4) Rp961 ribu per gram dan cetakan UBS harganya Rp956 ribu per gram.

Loading...