Kekhawatiran Dampak Pandemi Meningkat, Harga Emas Jadi Lebih Mahal

Harga Emas - menara62.comHarga Emas - menara62.com

Jakarta – Harga emas mengalami kenaikan pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB, menuju level terbaik dalam 7 pekan. Naiknya harga tersebut ditopang oleh kurs dolar AS yang melemah dan kekhawatiran bahwa penyebaran delta dari bisa menghambat pemulihan kondisi ekonomi .

Harga emas di spot dilaporkan naik 0,5 persen ke level USD1.810,99 per ons, dan naik 1,4 persen pada minggu ini. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat tetap 0,6 persen lebih tinggi di posisi USD1.810,6 per ounce.

“Kami terus memiliki masalah dengan varian Delta. Itu mungkin sangat memperlambat kemajuan ekonomi, tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi tentu saja di seluruh . Ketika investor yakin bahwa Federal Reserve AS memang menargetkan penuh dan tidak terlalu khawatir tentang inflasi yang bergerak di atas target untuk suatu periode, kita bisa melihat pergerakan emas di atas USD 1.850 pada akhir tahun,” beber Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Emas yang dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi dan politik serta kenaikan inflasi, menarik pembeli lantaran kekurangan vaksinasi dan varian virus corona yang sangat menular telah mendorong pembatasan baru, khususnya di Asia Tenggara. Dolar AS yang lebih melemah juga mengakibatkan emas lebih menarik karena membuatnya lebih murah untuk investor pemegang lainnya.

Namun, kenaikan harga emas tertahan karena benchmark imbal hasil Treasury AS 10-tahun naik dari level terendah lebih dari 4 bulan, diterjemahkan ke dalam biaya peluang yang lebih tinggi untuk menahan emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Sementara itu, dari dalam negeri harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (10/7), terpantau naik tipis sebesar Rp3.000 menjadi Rp950 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp3.000 ke angka Rp845 ribu per gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan Antam 1 gram Rp948 ribu dan cetakan UBS harganya Rp942 ribu.

Loading...