Dolar AS Rebound, Harga Emas Hari Ini Merosot

Ilustrasi: emas batangan (pexels: Michael Steinberg)Ilustrasi: emas batangan (pexels: Michael Steinberg)

Jakarta emas terpantau melemah lebih dari 1 persen pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB. Turunnya emas ini terjadi karena lonjakan imbal hasil Treasury AS dan rebound kurs . Namun, masih berada pada jalur untuk kenaikan mingguan pertama dalam 3 pekan.

Harga emas di spot dilaporkan turun sebesar 0,7 persen jadi USD1.744,07 per ounce usai menginjak level tertinggi sejak 1 Maret 2021 di angka USD1.758,45 pada Kamis. Akan tetapi, pekan ini harga emas telah melonjak sekitar 0,9 persen. Sedangkan harga emas berjangka turun 0,8 persen jadi USD1.744,8 per ons.

“Sementara secara keseluruhan, pasar emas bullish dalam jangka pendek, dengan ekspektasi penembusan lebih tinggi melalui USD1.760,65, kehati-hatian tentang lelang baru 10 dan 30 tahun (Treasury) dan laporan CPI minggu depan mempertahankan dukungan imbal hasil, menjaga kenaikan emas. Imbal hasil mendorong sebagian besar pasar saat ini, secara langsung berdampak pada USD dan saham dan ketiganya berpengaruh pada emas dengan dampak yang berbeda-beda,” kata Tai Wong, kepala derivatif logam dasar dan mulia di BMO, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

dan patokan imbal hasil AS telah rebound dari level terendah 2 minggu, sehingga mengurangi daya tarik pasar terhadap emas. Harga produsen AS telah meningkat lebih dari ekspektasi pada Maret 2021, sehingga menghasilkan kenaikan tahunan terbesar dalam sembilan setengah tahun, sesuai dengan ekspektasi untuk yang lebih tinggi ketika ekonomi kembali dibuka. “Jenis lingkungan yang berpotensi ini umumnya dipandang mendukung harga emas,” ucap David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

Sedangkan dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (10/4), terpantau turun Rp4 ribu menjadi Rp927 ribu per 1 , dengan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam yang juga turun Rp4 ribu ke level Rp817 ribu per . Di Pegadaian, harga emas cetakan Antam dijual Rp972 ribu per , sedangkan cetakan UBS Rp921 ribu per .

Loading...