Terkena Aksi Ambil Untung, Harga Emas dan 1 Gram Palladium Turun

Ilustrasi: emas batangan (sumber: fxstreet.com)Ilustrasi: emas batangan (sumber: fxstreet.com)

Jakarta – Harga hari ini terpantau stabil, memangkas kenaikan dipicu adanya penguatan di ekuitas dan AS. Meredupnya itu terjadi setelah Amerika Serikat mengatakan bahwa pihaknya hampir merampungkan bagian dari pakta perdagangan dengan China, akan tetapi emas masih berada pada jalur kenaikan secara mingguan.

Harga emas di pasar spot stabil di angka USD1.503,11 per ons usai sebelumnya menginjak level tertinggi sejak 3 Oktober 2019 di posisi USD1.517,70 atau meningkat hampir 1 persen. Sedangkan harga lainnya juga naik sekitar 1 persen pada pekan ini. Untuk harga emas berjangka Amerika Serikat tak berubah di level USD1.505,30.

“Komentar positif pada kesepakatan perdagangan Fase 1 memicu aksi ambil untung setelah harga emas gagal menembus USD1.520, yang telah menjadi puncak dari kisaran baru-baru ini,” ujar Tai Wong, Kepala Logam Mulia di BMO, seperti dilansir Reuters melalui Liputan6.

Sementara itu, Kantor Perwakilan Dagang AS mengungkapkan pada Jumat bahwa perundingan akan dilanjutkan, namun tak memberikan informasi secara detail terkait kemajuannya. Presiden Donald Trump hanya berkata bahwa AS “sangat baik” dalam melakukan negosiasi. Emas pun turut terkoreksi akibat menguatnya indeks dolar AS sebesar 0,3 persen dan imbal hasil AS.

Laporan AS yang lemah belum lama ini juga memperkuat ekspektasi pasar untuk penurunan suku bunga AS lanjutan pada pekan depan. Harga emas cenderung untuk menghargai ekspektasi suku bunga yang lebih rendah, yang mengurangi biaya peluang untuk memegang non-yield bullion.

Kemudian harga palladium dilaporkan turun 0,4 persen menjadi USD1.769,59 per ounce usai sebelumnya menginjak level tertinggi sepanjang masa di angka USD1.785,50. Di sisi lain, harga emas PT (Antam) Tbk menurut data terakhir pada Jumat (25/10) kemarin terpantau naik Rp2.000 menjadi Rp754 ribu per 1 gram dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp2.000 sebesar Rp675 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas hari ini, Sabtu (26/10) berada di angka Rp777 ribu per gram untuk cetakan Antam dan UBS Rp752 ribu per gram.

Loading...