Isu Perlambatan Ekonomi Akibat Corona Bikin Harga Emas Hari Ini Melonjak

Harga emas - Tribunnews.comHarga emas - Tribunnews.com

Jakarta emas mengalami kenaikan pada Jumat atau Sabtu pagi WIB. Naiknya harga emas ini dipicu oleh kekhawatiran akan perlambatan karena merebaknya dan suku bunga yang rendah secara global mengimbangi kuatnya Amerika Serikat.

Pada hari ini, Sabtu (8/2), harga emas di spot naik sebesar 0,15% ke angka USD1.572,6 per ounce, tetapi turun sekitar 1,3% sepanjang minggu ini. Harga emas dilaporkan berada di jalur kerugian mingguan terbesar dari awal November lalu. Sementara itu, harga emas berjangka AS melonjak 0,1% ke posisi USD1.571,90 per ons.

“Pasar tampaknya tumbuh lebih gugup tentang wabah di Cina. Reaksi tajam, cepat, dan berlawanan dengan emas sangat jelas. Ada yang baik di sini dalam menghadapi sinyal ekonomi yang sangat kuat,” ujar Tai Wong, Kepala Perdagangan Derivatif Logam Dasar dan Mulia di BMO, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Sedangkan menurut Analis Pasar Senior OANDA, Edward Moya, harga emas naik akibat kekhawatiran kondisi ekonomi global dan ketidakpastian terkait virus corona. Di China sana, virus corona telah memakan korban jiwa lebih dari 600 orang dan menginfeksi ribuan orang. Hal ini pula yang mendorong ketertarikan para pelaku pasar terhadap aset-aset berisiko.

“Lompatan besar dalam kasus yang dilaporkan atau bahkan tindakan karantina yang lebih keras yang bertentangan dengan kisah angka resmi dapat mendorong emas kembali ke level USD1.600. Namun, beberapa kabar baik yang tidak dapat dibantah keluar dari Tiongkok dan atau obligasi yang tajam dapat memicu pembalikan,” ujar Wong.

Selain itu, suku bunga rendah utama di seluruh dunia juga telah mendorong penguatan harga emas. “Situasi untuk emas masih mendukung dan terobosan USD1.575 dapat membuka ruang untuk reli lain ke ambang USD1.600,” jelas Kepala Analis ActivTrades, Carlo Alberto De Casa.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini juga naik Rp2.000 menjadi Rp772 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp2.000 ke angka Rp687 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam Rp784 per gram dan cetakan UBS Rp769 ribu per gram.

Loading...