Akhir Pekan, Harga Emas Bergerak Terbatas Karena Dolar AS & Treasury Menguat

Harga Emas - sindonews.comHarga Emas - sindonews.com

Jakarta – Harga pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB terpantau menguat terbatas lantaran posisi AS dan US Treasury yang juga menguat. Gerak emas cenderung menguat terbatas usai data menunjukkan bahwa output Amerika Serikat dan aktivitas sektor mengalami peningkatan.

Adapun harga emas di spot gold naik sebesar 0,2 persen menjadi USD1.467,08 per ounce, sedangkan harga emas berjangka AS juga merangkak naik 0,2 persen jadi USD1.467,10 per ons. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan manajer pembelian menunjukkan bahwa pada hari Jumat, output manufaktur AS bulan November 2019 mencapai laju tercepat dalam 7 bulan dan aktivitas pun meningkat melebihi perkiraan pasar.

“Data yang lebih kuat di AS hanya memperkuat interpretasi bahwa akan tetap berada di jeda di sini, untuk beberapa pertemuan berikutnya. Itu berarti tingkat (Treasury) dan dolar terus bergerak lebih tinggi, yang menahan laju penguatan harga emas,” ujar Ryan McKay, ahli komoditas di TD Securities, seperti dilansir CNBC, melalui Liputan6.

Sementara itu, Federal Reserve usai menurunkan suku bunga acuannya untuk yang ketiga kali pada tahun 2019 ini sudah menegaskan jika mereka akan mempertahankan suku bunga hingga AS mengalami penurunan. “Ketakutan dari perang dagang yang berlarut-larut tampaknya akan kehilangan sentimennya karena pasar memprediksi kemungkinan bahwa tidak ada kesepakatan yang dapat dicapai dalam beberapa bulan ke depan,” ungkap manajer penjualan Silver Bullion, Vincent Tie.

Logam mulia sendiri dianggap menjadi aset safe haven yang aman di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan politik, sehingga mengalami kenaikan mencapai 14 persen sepanjang tahun ini. Performa logam mulia tahun ini juga dianggap yang terbaik dalam 9 tahun terakhir, terutama dipicu oleh perang dagang antara AS dengan China.

Di sisi lain, dari dalam negeri ternyata harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk justru turun tipis sebesar Rp1.000 dari Rp748 ribu menjadi Rp747 ribu pada perdagangan hari ini, Sabtu (23/11) dengan harga pembelian kembali atau buyback turun Rp2.000 menjadi Rp662 ribu per 1 gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam dijual Rp779 ribu per gram dan cetakan UBS Rp742 ribu per gram.

Loading...