Pasar Wait & See Jelang Rapat The Fed, Harga Emas Menguat di Akhir Pekan

Emas batangan murni 1 gram (sumber: whizliz.com)Emas batangan murni 1 gram (sumber: whizliz.com)

Jakarta – Harga berakhir menguat di terakhir Jumat atau Sabtu pagi WIB usai turun 1 persen di sesi sebelumnya. Harga dilaporkan anjlok sebelumnya lantaran terhempas oleh angka pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang lebih baik dari konsensus . Adapun harga di pasar spot terpantau naik 0,29 persen menjadi USD 1.418,21 per ounce. Sedangkan untuk berjangka juga naik sebesar 0,28 persen ke level USD 1.418,7 per ons.

Berdasarkan data sepekan ini, masih berada dalam jalur penurunan pertama dalam tiga pekan yang didorong oleh menguatnya nilai tukar . Pada hari sebelumnya atau Kamis, Gubernur Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi menurunkan ekspektasi pemotongan suku bunga, sehingga menekan .

Draghi mengungkapkan bahwa pihak ECB tak akan mengambil langkah terlalu cepat dalam melonggarkan kebijakan moneter. Akan tetapi, ia juga berjanji untuk melonggarkan peraturan moneter lebih lanjut akibat prospek pertumbuhan ekonomi yang memburuk. “Harga emas berkonsolidasi dalam kisaran luas dari USD 1.400 per ounce ke USD 1.440 per ounce,” ujar Jigar Trivedi, analis komoditas dari Anand Rathi Shares & Stock Brokers yang berbasis di Mumbai, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Di sisi lain, para pelaku pasar saat ini berharap agar bank sentral AS, Federal Reserve bersedia untuk menurunkan suku bunga acuannya sebesar 0,25 basis poin pada pertemuan kebijakan tanggal 31 Juli 2019 mendatang. “Pelaku pasar sekarang lebih memusatkan perhatian pada pertemuan Fed minggu depan. Jika Ketua the Fed Jerome Powell menunjukkan bahwa siklus penurunan suku bunga sudah dekat, dolar AS kemungkinan akan terdepresiasi, yang pada gilirannya akan menguntungkan emas,” tulis Commerzbank.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk pada perdagangan hari ini, Sabtu (27/7), terpantau naik tipis sebesar Rp 2.000, dari angka Rp 702 ribu menjadi Rp 704 ribu per 1 pukul 08.18 WIB, berdasarkan data di Butik LM Pulogadung Jakarta. Sedangkan harga buyback atau pembelian kembali juga naik Rp 2.000 menjadi Rp 633 ribu per . Di , harga emas pecahan 1 gram dijual Rp 739 ribu dan UBS harganya Rp 716 ribu per gram.

Loading...