Turun Tipis, Harga Emas Antam 100 Gr Hari Ini Rp71,2 Juta

Harga emas - klikbabel.comHarga emas - klikbabel.com

Jakarta – Pada Jumat atau Sabtu pagi WIB, terpantau stabil. Hal tersebut rupanya adalah dari ekspektasi untuk memangkas suku bunga acuannya secara agresif tahun ini usai data Amerika Serikat lebih baik dari konsensus pasar. Harga emas batangan juga dilaporkan ada pada tren kenaikan mingguan.

Seperti dilansir CNBC melalui Liputan6, harga emas di pasar spot meningkat 0,1 persen menjadi USD1.506,31 per ounce. Harga tersebut ada pada tren kenaikan mingguan sekitar 0,8 persen.

Sementara itu, pertumbuhan lapangan pekerjaan di Amerika Serikat mengalami peningkatan secara moderat pada September 2019 dengan tingkat pengangguran yang turun nyaris ke level terendah dalam 50 tahun terakhir mencapai 3,5 persen. Hal tersebut juga sekaligus berhasil meredam kekhawatiran bahwa ekonomi melambat dan ada di ambang resesi.

“Ada harapan bahwa kita mungkin melihat pekerjaan terburuk dan itu tidak terjadi. Emas mengandalkan pemotongan suku bunga lebih lanjut oleh . Mengingat betapa suramnya angka ekonomi lainnya, pekerjaan ini cukup dapat diterima. Kemarin, kami melihat sentimen kuat yang nyata terhadap The Fed menurunkan suku bunga karena kelemahan ekonomi dan ini (data pekerjaan) mungkin memiliki efek sebaliknya,” ujar Jeffrey Sica, Pendiri dan CEO Circle Squared Alternative Investments.

suku bunga berjangka pendek AS pada Jumat memperkirakan The Fed akan melakukan pemangkasan suku bunga lali pada pertemuan yang akan datang. “The Fed diperkirakan akan memangkas setidaknya sekali lagi tahun ini, tetapi pertemuan Desember tetap undian. Ekonomi tidak jatuh dari tebing dan emas bisa melihat beberapa kelembutan, tetapi tren bullish secara keseluruhan tetap utuh,” ucap Edward Moya, Analis Pasar Senior di OANDA.

Harga emas mengalami kenaikan ke level tertinggi pada satu pekan di angka USD1.518,50 per ounce pada sesi perdagangan sebelumnya. Lemahnya sejumlah indikator ekonomi dengan latar belakang konflik dagang yang terjadi antara AS dan China telah memicu kenaikan 17% pada harga emas sepanjang tahun 2019 ini.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (5/10) justru turun Rp3.000 menjadi Rp761 ribu per gram, sedangkan harga emas 100 gr hari ini di butik LM Pulogadung dipatok Rp71,2 juta dan di Pegadaian Rp72.663.000.

Loading...