Biden Makin Dekati Kemenangan Pilpres AS, Harga Emas Hari Ini Naik

Harga Emas - uangteman.comHarga Emas - uangteman.com

Jakarta – Harga terpantau naik pada hari Jumat atau Sabtu (7/11) pagi WIB. Posisi saat ini sekaligus menjadi minggu terbaik bagi sejak Juli 2020 lantaran AS yang melemah dan meningkatnya peluang kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat telah mendorong harapan untuk RUU bantuan (Covid-19) yang lebih besar.

Adapun harga emas di spot naik 0,1 persen jadi USD 1.950,12 per ounce dan sedang berada pada jalur kenaikan mingguan 3,6 persen, level terbesar sejak akhir Juli 2020. Sedangkan emas berjangka AS menguat 0,5 persen jadi USD1.955,60 per ons.

“Devaluasi dolar AS telah mendorong harga emas ke level tertinggi enam minggu, juga beberapa safe-haven di tengah ketidakpastian pemilihan presiden dan meningkatnya kasus COVID-19. Pasar memperhitungkan kemenangan Biden, (yang) akan mengarah pada lebih banyak stimulus pemerintah dan itu dapat menyebabkan inflasi harga yang bermasalah di kemudian hari dan juga menurunkan nilai dolar,” ujar analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff, seperti dilansir dari CNBC melalui Liputan6.

yang dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang ini telah naik 28 persen sepanjang tahun 2020 ini. Kenaikan harga emas ini tentunya ditunjang oleh stimulus besar-besaran untuk membantu ekonomi yang dilanda oleh Covid-19. Sementara itu, dolar AS bertahan di dekat level terendah 2 bulan.

Joe Biden dari Partai Demokrat semakin mendekati kemenangan dalam pilpres AS kali ini, sementara Presiden Donald Trump dari Partai Republik dinilai secara keliru mengklaim bahwa pemilihan itu “dicuri” darinya, bahkan saat suara masih dihitung di -negara bagian utama.

“Meskipun ketidakpastian pemilu AS yang terus berlanjut menghilangkan prospek paket stimulus langsung, pasar percaya bahwa pada akhirnya akan datang, dan mungkin itulah sebabnya emas bergerak naik. Kami memiliki kesempatan yang layak untuk harga emas mencapai USD2.000 per ons pada akhir bulan jika tidak lebih awal,” tutur analis ED&F Man Capital Markets Edward Meir.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini terpantau turun Rp5.000 jadi Rp1.004.000 per 1 gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) turun Rp5.000 menjadi Rp897 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian harga jual emas cetakan UBS Rp977 ribu per gram.

Loading...