Harga Emas Kembali Terpuruk Akibat Kenaikan Imbal Hasil Treasury AS

Harga Emas - www.bangkokpost.comHarga Emas - www.bangkokpost.com

Jakarta – Harga terpantau turun 3 persen dan terlempar ke level terendah 8 bulan pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB, dalam ke bulan terburuk sejak November 2016. Anjloknya harga emas ini terjadi akibat kurs AS yang lebih kuat dan kenaikan imbal hasil Treasury Amerika Serikat yang menekan daya tarik emas yang tak memberikan imbal hasil.

Harga emas di spot dilaporkan melemah sebesar 2,5 persen ke level USD1.726,31 per ounce usai menginjak posisi USD1.716,85, level terendah sejak Juni 2020. Sejauh ini harga emas batangan telah 6,4 persen. Sedangkan harga emas berjangka AS tetap 2,6 persen lebih rendah di angka USD1.728,80 per ons.

“Harga emas sedang berjuang karena apa yang terjadi di pasar . (tetapi) harga emas pada level ini terlihat seperti pembelian yang bagus,” ujar Bob Haberkorn, ahli pasar senior di RJO Futures, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Sementara itu, imbal hasil Treasury AS 10 tahun bertahan mendekati posisi tertinggi dalam lebih dari setahun, sedangkan kurs dolar AS juga naik. Meningkatnya ekspektasi telah mengangkat imbal hasil Treasury AS lebih dari 70 basis poin sepanjang tahun 2021 ini, sehingga menggerus status emas sebagai aset lindung nilai karena itu artinya peluang relatif lebih tinggi untuk memiliki logam mulia.

“Emas dalam masalah sekali lagi dan prospek jangka pendek tidak terlihat bagus untuk logam kuning. Meningkatnya imbal hasil dan sekarang lompatan dolar menumpuk tekanan pada emas dan, kecuali pembalikan di pasar obligasi, sulit untuk membayangkan peruntungannya meningkat,” ucap OANDA Craig Erlam.

Sedangkan data menunjukkan belanja AS meningkat paling tinggi dalam 7 bulan pada Januari 2021. Namun, angka-angka ekonomi tersebut melenyapkan beberapa pembelian safe haven. “Triliunan (dalam stimulus) yang telah dicetak harus masuk ke dalam sistem dan suku bunga diharapkan tetap rendah, yang akan membantu harga emas dan perak di masa mendatang,” terang Haberkorn.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk dilaporkan turun Rp5 ribu menjadi Rp917 ribu per gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga turun Rp8 ribu ke Rp794 ribu per 1 gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan UBS dijual Rp921 ribu per gram.

Loading...