AS & China Memanas, Harga Emas Naik ke Level Tertinggi

Harga Emas - bisnis.comHarga Emas - bisnis.com

Jakarta mengalami kenaikan ke level tertinggi sepanjang masa pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB. Harga naik lantaran para pelaku pasar sedang mencari aset investasi yang aman di tengah meningkatnya konflik antara AS dengan China dan kekhawatiran yang berlarut-larut atas pandemi (-19).

Kontrak berjangka emas untuk Agustus 2020 naik 0,4 persen ke level USD1.897,50 per ounce, berdasarkan data dari CME Group. Ini sekaligus menandai kenaikan harga emas keenam berturut-turut. Emas juga mencatatkan kenaikan beruntun dalam 7 pekan.

Minggu ini konflik antara Amerika Serikat dengan China meningkat. Semalam, China memerintahkan AS untuk menutup konsulatnya yang berbasis di Chengdu. Awal pekan ini, AS sendiri telah menutup konsulat China yang berbasis di Houston. “Ketegangan AS-Cina terus meningkat, yang mendorong langkah risk-off di pasar pada Kamis dan Jumat,” ungkap Mark Haefele, Kepala Investasi di UBS Global Wealth Management, seperti dilansir dari CNBC.

Haefele menambahkan, emas termasuk salah satu aset dengan kinerja terbaik tahun ini dengan kenaikan lebih dari 24 persen. Ia juga memprediksi bahwa ketidakpastian kemungkinan akan bertahan sepanjang tahun 2020 ini, sehingga berpotensi mengangkat harga emas hingga USD2.000 per ons.

Lonjakan harga emas pun terjadi lantaran nilai tukar AS telah terperosok cukup dalam belum lama ini. Indeks AS yang mengukur pergerakan the terhadap sekeranjang utama telah turun lebih dari 1 persen pekan ini dan melemah selama 5 minggu berturut-turut.

“Sementara kami berpikir emas akan terus didukung oleh meningkatnya ketegangan geopolitik, dalam pandangan kami pendorong utama harga emas adalah korelasi negatifnya dengan suku bunga riil dan dolar,” jelasnya.

Sedangkan dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (25/7) naik Rp5.000 menjadi Rp989 ribu per gram dengan harga kembali atau buyback yang juga naik Rp5.000 ke angka Rp889 ribu per 1 gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan Antam dijual Rp965 ribu per gram dan cetakan UBS harganya Rp955 ribu per gram.

Loading...