Data Ekonomi AS Kuat, Harga Emas Hari Ini Turun

Harga Emas - www.cermati.comHarga Emas - www.cermati.com

Harga hari ini, Sabtu (24/4) terpantau melemah karena ekonomi Amerika Serikat yang kuat. Harga di spot dilaporkan turun 0,4 persen ke level USD1.777,24 per ounce, melepaskan keuntungan awal yang didorong oleh AS yang sedang turun dan imbal hasil AS yang lemah. Sementara itu, harga berjangka AS menetap 0,2 persen lebih rendah pada posisi USD1.777,8 per ons.

Data menunjukkan bahwa pabrik Amerika Serikat telah menguat pada awal April 2021, sehingga memberi dorongan ke Wall Street. Sedangkan rebound dalam penjualan rumah baru melebihi prediksi pasar pada bulan Maret 2021.

“Meskipun harga lebih rendah, faktor-faktor yang mendasari seperti aliran masuk safe-haven karena pandemi, kemungkinan kenaikan inflasi, yang lebih rendah untuk waktu yang lebih lama dan teknis yang mendukung membuat kasus untuk memegang emas,” kata Michael Matousek, kepala di US , seperti dilansir dari CNBC melalui Liputan6.

“Angka klaim pengangguran, ditambah dengan posisi emas dari sudut pandang teknis, ini sedikit terjadi pertentangan di sini,” imbuh Bob Haberkorn, Ahli Strategi Pasar Senior di RJO Futures. Akan tetapi, Haberkorn memperkirakan bahwa penurunan harga emas kemungkinan berumur pendek di tengah pembelian dan peningkatan emas fisik dari China dan India.

Daya tarik harga emas pun teredam oleh data yang menunjukkan penurunan klaim tunjangan pengangguran AS pekan lalu dan penguatan kurs dolar AS. Di sisi lain, patokan imbal hasil Treasury AS 10 tahun bertengger di bawah 1,6 persen. Penurunan lebih lanjut diprediksi oleh para analis bisa membantu harga emas tembus USD1.800.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini juga turun sebesar Rp2 ribu ke angka Rp933 ribu per gram, sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam turun tipis sebesar Rp2 ribu menjadi Rp831 ribu per 1 gram di Butik LM Pulogadung. Sementara itu, di Pegadaian harga jual emas cetakan Antam per gram Rp976 ribu dan cetakan UBS dibanderol Rp935 ribu.

Loading...