Tampilan Sepintas Mirip Emas Murni, Berapa Harga Emas 18KGP per Gram?

Ilustrasi : Perhiasan EmasIlustrasi : Perhiasan Emas - www.tionghoa.info

Memiliki saat ini bukan hanya bisa dijadikan untuk digunakan sehari-hari saja, tetapi juga bisa menjadi salah satu aset untuk jangka panjang. Seperti diketahui, seperti emas biasanya memiliki harga atau nilai yang terus naik dari waktu ke waktu. Sayangnya, tak semua kalangan bisa membeli emas asli. Untuk mengatasi hal itu, beberapa pembuat perhiasan pun meluncurkan versi murah lewat emas 18KGP atau emas 18 Karat Gold Plated.

Berbeda dari emas asli, emas dengan kode 18 KGP atau Karat Gold Plated adalah perhiasan yang tak terbuat dari emas sampai ke bagian dalam-dalamnya, melainkan hanya dilapisi dengan emas atau dalam Bahasa Inggris istilahnya adalah “gold plated” dengan lapisan yang cukup tipis, hanya sekitar 18K atau 18 karat. Sedangkan untuk bagian dalam dari perhiasan tersebut umumnya tak terbuat dari emas, namun logam lain seperti tembaga fosfat yang ditempa pada suhu tinggi untuk kemudian dilapisi dengan emas agar tampilannya cukup menyerupai emas yang asli.

“Perhiasan gold plated terbuat dari logam dasar (misalnya tembaga atau perak) yang memiliki lapisan emas yang sangat tipis di bagian permukaannya. pelapisan emas dilakukan dengan memasukkan logam dasar dalam larutan yang mengandung ion emas bermuatan positif. Aliran listrik digunakan untuk mengubah muatan logam dasar menjadi negatif dan menarik ion-ion emas sampai membentuk lapisan tipis di atasnya. Kadar emas pada perhiasan gold plated sangatlah kecil dan hampir tidak dapat diukur. Mungkin kadar emasnya hanya 0,05% atau lebih kecil dari berat perhiasan. Karena itulah, perhiasan gold plated tidak bisa dikatakan sebagai perhiasan emas,” demikian seperti dikutip dari Orori.

Tapi seperti halnya perhiasan tiruan atau imitasi lainnya, perhiasan emas 18KGP biasanya dalam bentuk perhiasan yang sudah jadi, misalnya berwujud kalung, liontin, gelang, anting atau giwang, cincin, dan sebagainya. Harga jualnya pun biasanya bukan berdasar per gram, tetapi utuh per unit perhiasan itu sendiri.

Tak seperti emas murni, 18KGP pun cukup murah. Misalnya saja untuk cincin emas 18KGP dijual dengan harga Rp98 ribu, lalu untuk kalung lengkap dengan liontinnya Rp120 ribu. Apabila terdapat penambahan material lain seperti Swarovski maka harga jualnya pun akan sedikit lebih mahal, sekitar Rp200 ribuan.

Loading...