Peluang Stimulus AS Memudar, Harga Emas Hari Ini Turun

Emas batangan 50gEmas batangan 50g

Jakarta melemah dan sedang menuju penurunan mingguan pertama dalam 3 pekan belakangan pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB. Turunnya harga ini disebabkan oleh memudarnya peluang perjanjian stimulus Amerika Serikat sebelum pemilihan yang berlangsung pada 3 November 2020 mendatang, sehingga membuat daya tarik logam pun pudar.

Harga emas di spot dilaporkan turun 0,3 persen ke level USD1.901,87 per ounce. Kemudian Bullion juga telah turun 1,4 persen sepekan ini. Sementara itu, harga emas berjangka AS melorot 0,1 persen ke angka USD1.906,40 per ons.

“Dengan tagihan stimulus tahun ini sangat tidak pasti, harga emas tetap terikat pada USD. Sementara sentimen untuk harga emas tetap sangat bullish tanpa pendorong jangka pendek yang kuat, kami tampaknya berosilasi di sekitar USD1.900 tidak dapat secara substansial menembus kisaran bulanan USD1.850-USD1.950,” papar Tai Wong, Kepala Perdagangan Derivatif Logam Dasar dan Mulia di BMO, seperti dilansir dari CNBC melalui Liputan6.

AS turun 0,2 persen pada hari itu, namun ada di jalur untuk kenaikan mingguan. Hal ini menyebabkan lebih mahal bagi pemegang lain untuk membeli emas. Sedangkan laporan penjualan ritel AS yang lebih kuat dari prediksi telah meningkatkan selera untuk aset berisiko, tapi produksi manufaktur secara tidak terduga turun pada bulan September 2020.

Harga emas yang sudah naik sekitar 25 persen sepanjang tahun 2020 ini dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang di tengah tingkat stimulus global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Dengan begitu banyak risiko peristiwa di cakrawala, yang berpuncak dengan pemilihan AS, kita kemungkinan telah melihat posisi terendah dalam emas untuk bulan depan atau lebih. Harga emas kemungkinan akan bergeser ke kisaran USD1.900 menjadi USD1.975 per ounce saat pemilihan semakin dekat,” tutur Jeffrey Halley, Analis Pasar Senior di OANDA, mengatakan dalam sebuah catatan.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (17/10), turun Rp3.000 jadi Rp1.008.000 per , dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga turun Rp2.000 menjadi Rp902 ribu per 1 . Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan UBS dijual Rp1.023.000 per .

Loading...