Tertekan Isu Tapering The Fed, Harga Emas Hari Ini Anjlok

Harga emas - metrotvnews.comHarga emas - metrotvnews.com

Jakarta – Harga terpantau turun pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB di tengah ketidakpastian isu tapering . Hal itu pula yang mengakibatkan para pelaku pasar bertindak cenderung ragu-ragu. Di samping itu, penguatan kurs pekan ini telah menempatkan harga emas pada jalur penurunan mingguan pertama dalam lima minggu terakhir.

Adapun harga emas di pasar spot dilaporkan melemah 0,2 persen ke level USD1.790,37 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat menetap 0,4 persen lebih rendah di posisi USD1.792,1 per ons.

Menurut Kepala Komoditas di TD Securities Bart Melek, kenaikan imbal hasil AS telah mencegah dana spekulatif bergerak secara meyakinkan ke logam mulia. Patokan imbal hasil Treasury AS 10 tahun naik usai ekonomi menunjukkan inflasi yang tinggi bisa bertahan selama beberapa waktu. Di sisi lain, emas dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi. Hasil yang lebih tinggi diterjemahkan ke dalam peluang yang lebih tinggi pula untuk memegang emas tanpa bunga.

“Data indeks harga produsen AS yang meningkat dapat mendorong orang untuk percaya bahwa dapat menunjukkan akomodasi yang sedikit lebih sedikit dengan pengurangan,” jelas Melek, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Para investor emas kini tengah mencermati keputusan The Fed, karena emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil cenderung naik saat sedang rendah. “Banyak pelaku pasar emas menunggu di sela-sela sebagian karena ketidakpastian seputar garis waktu pengurangan The Fed,” imbuh analis Commerzbank Daniel Briesemann.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk di Butik LM Pulo Gadung hari ini, Sabtu (11/9), juga terpantau turun Rp5 ribu menjadi Rp929 ribu per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam pun turun Rp5 ribu ke angka Rp819 ribu per gram. Kemudian, di Pegadaian harga emas cetakan Antam dijual senilai Rp971 ribu per gram dan emas cetakan UBS dibanderol dengan harga lebih murah, yakni Rp923 ribu per gram.

Loading...