AS Resesi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp1 Juta per Gram!

Harga Emas - menara62.comHarga Emas - menara62.com

– Harga naik pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB dan berhasil meraih level tertinggi baru sepanjang masa. Kenaikan harga logam mulia ini terjadi lantaran kurs AS yang terperosok dan sejumlah yang suram dan membuat para berbondong-bondong mengalihkan asetnya ke emas.

Harga emas di pasar spot naik 0,58 persen menjadi USD1.970,81 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat ditutup menguat 1 persen ke posisi USD1.985,9 per ons usai sebelumnya mencapai angka melebihi USD2.000 untuk pertama kalinya dalam catatan.

makro masih tetap sangat positif dan harga terus melacak tingkat nyata, pelemahan ekstrem dalam dolar telah membantu menopang harga emas lebih lanjut,” ungkap analis Standard Chartered Suki Cooper, seperti dilansir dari CNBC melalui Liputan6.

Dolar AS disebutkan sedang berada di jalur penurunan bulanan terbesar dalam hampir 1 dekade. Data menunjukkan bahwa kondisi ekonomi Amerika Serikat mengalami tekanan terberat sejak depresi hebat pada kuartal II akibat pandemi (Covid-19). Sedangkan para investor juga sedang mengantisipasi kondisi politik yang sedang tidak pasti di negara tersebut.

Emas telah meroket hampir 30 persen sepanjang tahun 2020 ini. Hal tersebut didorong oleh suku bunga rendah secara dan stimulus luas dari bank sentral yang menambah dukungan untuk logam yang dianggap sebagai tempat berlindung dari inflasi dan penurunan nilai mata uang.

“Dengan tingkat kebijakan tingkat suku bunga mendekati nol, dukungan untuk harga emas akan semakin tinggi dalam pandangan kami,” ungkap BofA Global Research. Mereka pun memprediksi bahwa emas kemungkinan akan mencapai harga USD3.000 per ounce dalam jangka waktu 18 bulan yang akan datang.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (1/8) pun naik drastis sebesar Rp12.000 menjadi Rp1.028.000 per 1 gram. Sedangkan untuk harga pembelian kembali atau buyback emas Antam saat ini naik Rp13.000 ke level Rp926.000 per gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan Antam dijual seharga Rp999 ribu dan cetakan UBS harganya Rp988 ribu per gram.

Loading...