Harga Ekonomis, Kebutuhan Lem Hebel Per M2 Ternyata Tidak Terlalu Banyak

Lem Hebel - semenplester.blogspot.co.idLem Hebel - semenplester.blogspot.co.id

Dibandingkan bata merah, sejumlah konstruksi kini lebih banyak yang memilih menggunakan bata ringan atau hebel untuk mempercepat proses . Untuk memasang hebel pun relatif lebih mudah karena tidak membutuhkan pasir untuk membuat adukannya, hanya memakai semen atau lem hebel, sehingga biaya pembangunan lebih murah. Semen yang dipakai pun bukan semen pada umumnya, tetapi semen instan atau mortar. lem perekat hebel , tergantung dari mereknya.

“Pasar bata ringan begitu menjanjikan. Produk ini juga mampu meredam suara, tidak mudah terbakar, karena terbuat dari non organic yang relatif tahan terhadap api dan diklasifikasikan sebagai bangunan kelas A1 berdasarkan standar DIN 4102,” kata Andytio Budiarto, Direktur Utama PT Adiwisesa Mandiri Building Products Indonesia (AMBPI), seperti dilansir Tribunnews.

Penggunaan semen instan untuk memasang hebel juga mudah dan praktis karena bisa mempercepat pengerjaan penempelan bata ringan. Adonan lem hebel tidak membutuhkan pasir atau tambahan lainnya, melainkan cukup ditambahkan air secukupnya hingga membentuk adonan yang pas untuk memasang hebel.

Kebutuhan perekat hebel per meter persegi (m2) juga umumnya tidak terlalu banyak. Berdasarkan pengalaman beberapa orang di lapangan, untuk pemasangan bata ringan 10 x 20 x 60 cm tiap 1 m2 menghabiskan sekitar 4 kg semen instan dengan ketebalan semen instan rata-rata sekitar 3 mm. Sementara itu air yang dibutuhkan untuk 5 kg semen instan adalah 1 liter saja. Cukup efisien bukan?

Merk lem hebel yang beredar di ada bermacam-macam, misalnya yang paling adalah semen instan Mortar Utama (MU) 380 40 kg yang dijual dengan harga Rp 85 ribuan per sak, lalu ada Giant Mortar GM-380 dari Avian Brands seharga Rp 76.500, Demix A1 perekat bata ringan seharga Rp 122 ribu, Fix-T Bostik Rp 84 ribu, Sematon Rp 143 ribu, Superthinbed SP-100 Rp 80 ribu, Powerbond Pro 888 Rp 85 ribu, Green Mortar seharga Rp 52 ribuan, dan masih banyak yang lain.

Produk lem atau perekat hebel tersebut bisa ditemui dengan mudah di sejumlah toko bangunan maupun dibeli secara online. Namun harga lem hebel yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung yang ditawarkan.

Loading...