Berfungsi Rekam Aktivitas Listrik Jantung, Harga EKG Fukuda Mulai Puluhan Juta Rupiah

Harga EKG Fukuda - www.solostocks.com.mxHarga EKG Fukuda - www.solostocks.com.mx

Elektrokardiogram (EKG) merupakan sebuah pemeriksaan yang berguna untuk merekam aktivitas kelistrikan pada waktu tertentu. Pemeriksaan ini dilakukan dengan sebuah alat yang dinamakan elektrokardiograf atau sering juga disebut ECG. Di rumah besar atau beberapa biasanya menyediakan pemeriksaan ini. Alat yang digunakan cukup , tak heran jika kemudian beberapa merek alat EKG seperti Fukuda pun dijual dengan yang relatif mahal.

Sebagai , EKG Fukuda Denshi 7101 dengan harga Rp53 jutaan, lalu ada ECG Fukuda Denshi FX-7202 dengan harga Rp26 juta, ECG 12 Channel Fukuda FX-8322R seharga Rp45 juta. Tes EKG nantinya akan merekam aktivitas kelistrikan lewat gelombang dan hasilnya akan muncul pada kertas pelacak. Hasil perekaman tersebut akan diinterpretasikan oleh teknisi terlatih atau dokter ahli jantung.

Menurut dokter spesialis jantung dari RS Harapan Kita Jakarta, dr. Siska Suridanda Dhany, Sp.JP, setiap orang yang berusia di atas 40 tahun, terutama pria sebaiknya melakukan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG). “Pemeriksaan EKG dilakukan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung, serta melihat apakah ada tanda-tanda gangguan pada jantung atau tidak,” kata dr. Siska, seperti dilansir dari Kompas.

Jika ada riwayat keluarga yang menderita serangan jantung sebaiknya juga diwaspadai supaya kita lebih memerhatikan kesehatan jantung. Lebih lanjut dr Siska menjelaskan, pemeriksaan terkait kesehatan jantung dan pembuluh darah dapat dimulai sejak seseorang memasuki usia 30 tahun dan dilakukan secara berkala, setidaknya tiap satu sampai dua tahun. “Tergantung dari pemeriksaannya, jika hasilnya positif, kita bisa kembali mengecek kondisi jantung satu atau dua tahun sekali,” paparnya.

Masyarakat pun tak perlu khawatir, sebab pemeriksaan jantung dan EKG juga termasuk hal yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Oleh sebab itu, apabila seseorang memiliki faktor risiko bisa melakukan pemeriksaan secara gratis atau tanpa dipungut . “Semua pemeriksaan jantung sederhana di-cover oleh BPJS, dan hampir di seluruh rumah sakit. Setelah pemeriksaan, akan disaring apakah perlu tindakan lanjutan atau tidak,” ucap dr. Siska.

Loading...