Bisa Digunakan Berbagai Transaksi, Berapa Harga E-Money di Alfamart?

Pembayaran Jalan Tol Pakai E-Money - harga-jual.comPembayaran Jalan Tol Pakai E-Money - harga-jual.com

Sejak beberapa tahun lalu gencar menggalakkan gerakan non-tunai di sejumlah aspek kehidupan. Selain untuk berbelanja harian, penggunaan alias kini juga mulai digalakkan di berbagai tempat seperti untuk pembayaran jalan , pembayaran , busway, retailer (SPBU Pertamina, Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), serta masih banyak lagi. Kartu e-money sendiri kini bisa dibeli di banyak tempat, termasuk di Alfamart dengan harga beragam.

Sebagai contoh, untuk kartu e-money Mandiri di Alfamart biasanya dijual dengan harga sekitar Rp50 ribu. Untuk top-up atau pengisian saldo juga bisa dilakukan di Alfamart dengan minimal top-up mulai Rp10 ribu dan akan dikenai administrasi pengisian saldo antara Rp1.000-Rp2.000.

Desain kartu e-money Mandiri pun sangat beragam. Bahkan desainnya memang sengaja dirancang mengikuti perkembangan tren, misalnya saja yang terbaru kartu Mandiri e-money edisi Avengers, Justice League, The Lion King, dan sebagainya.

Mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero), Kartika Wirjoatmodjo sebelumnya mengungkapkan bahwa volume transaksi menggunakan uang elektronik atau e-money mengalami pertumbuhan yang signifikan, terutama ketika mudik Lebaran 2019. Pertumbuhan itu terutama ada pada transaksi jalan tol. “Kenaikan cukup signifikan ya saya lihat mungkin transaksi naik sekitar 30-40 persen,” ungkap Kartika beberapa waktu lalu, seperti dilansir Merdeka.

Selain melalui jaringan merchant retail seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi, dan Hypermart, top-up e-money juga bisa dilakukan lewat Mandiri ATM, top up e-money di aplikasi Mandiri Online, aplikasi Tokopedia, dan Cabang Bank Mandiri terdekat.

Berdasar data Bank Mandiri hingga April 2019, kartu Mandiri E-Money yang diterbitkan Bank Mandiri mencapai hampir 18 juta kartu dengan nilai transaksi selama periode Januari-April 2019 mencapai Rp4,8 triliun, di mana 89% transaksi dilakukan di gerbang tol. “Market share kita sudah di atas 70 persen,” bebernya. Bahkan hingga kini jumlah lokasi isi ulang kartu Mandiri E-Money sudah lebih dari 62.000 titik yang tersebar di berbagai kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan Bali.

Loading...