Pakai Sistem Laser Cut, Berapa Harga Duplikat Kunci Motor Vixion?

Kunci Motor - www.liputan6.comKunci Motor - www.liputan6.com

kendaraan maupun rumah memang sudah seharusnya disimpan dengan benar agar tidak hilang ketika sedang dibutuhkan. Namun seperti diketahui, terkadang ada saja hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi. Entah kemungkinan buruk jatuh di jalan, patah, atau bahkan ketinggalan di suatu tempat. Lantas berapa harga yang dibutuhkan untuk duplikat motor seperti Yamaha Vixion?

Berbeda dengan kunci motor biasa, kunci motor Yamaha V-ixion memakai laser cut pada geriginya. “Kalau dari bentuk sekilas sama, namun kunci laser cut punya bentuk mata atau gerigi kunci di area dalam,” kata Tian, pemilik toko Tian Kunci, spesialis kunci kendaraan di Depok, Jawa Barat, seperti dilansir Gridoto.

Apabila dipegang, kunci biasa akan terasa lebih tajam dibanding kunci laser cut yang geriginya terletak di bagian dalam. “Perbedaan struktur tersebut membuat kunci laser cut jadi tidak mudah patah dan aus mata kuncinya dibanding kunci standar,” beber Tian.

Maklum saja, karena bagian mata kunci laser cut lebih terlindungi sebab ada di bagian dalam. Bahkan dari segi pengerjaan kunci laser cut pun perlu memakai yang berbeda dari kunci standar. Oleh sebab itu, duplikat kunci motor seperti Vixion relatif mahal.

Padahal di harga bahan duplikat kunci Vixion-nya saja cukup murah. Bahan kunci motor Yamaha Vixion mulai Rp3 ribu hingga Rp10 ribu, sedangkan bahan duplikat kunci untuk New Vixion lebih mahal, berkisar antara Rp9 ribu sampai Rp20 ribuan.

Ketika sudah sampai di kunci jasa untuk menduplikat kunci motor Vixion cukup mahal, sekitar Rp70 ribu sampai Rp100 ribuan. Bahkan untuk kasus nahas seperti kunci patah dan ada bagian yang tertinggal di motor, kemungkinan akan dikenai hingga Rp300 ribuan.

Pengalaman ini pernah dibagikan oleh salah seorang netizen di akun Facebook pribadinya. Sang netizen bertanya pada tukang kunci mengenai berapa biaya untuk mencabut kunci motor Vixion-nya yang patah. “300 (ribu ), karena yang ribet tuh nyabutnya. Itu ukir, semacam kunci mobil itu,” ujar sang tukang kunci panggilan.

Loading...