Dikenal Sebagai Obat Penguat Kandungan, Berapa Harga Duphaston 10 mg untuk Ibu Hamil?

Obat Penguat Kandungan - babypalooza.comObat Penguat Kandungan - babypalooza.com

Tiap yang sedang mendambakan keturunan tentunya ingin dikaruniai kandungan yang kuat dan juga . Oleh sebab itu, sebagian besar ibu berusaha untuk menjaga kandungannya dan mencegah keguguran. Bahkan ada juga beberapa obat atau yang diklaim sebagai penguat kandungan seperti Duphaston. Obat Abbot ini mengandung zat Dydrogesterone 10 mg dan biasanya per atau per strip dengan variatif.

Di Apotek K24 misalnya, harga Duphaston 10 mg per tablet dibanderol Rp24.727, sedangkan di apotik lainnya harga Duphaston 10mg per strip isi 20 tablet berkisar Rp350 ribu. Harga Duphaston 10 mg di tiap toko obat atau apotek bisa saja berbeda-beda.

Menurut dr. Hari Nugroho, Sp.OG, keguguran dapat dicegah salah satunya dengan mengonsumsi obat penguat kandungan seperti Duphaston. Dr Hari memaparkan, Duphaston merupakan hormon steroid progestin berisi Dydrogesterone. “Obat ini dipakai untuk mengganti kekurangan progesteron, seperti pada ancaman keguguran, ketidaksuburan akibat kelainan pada fase luteal (tahap akhir siklus menstruasi),” kata dr Hari, seperti dilansir dari Detik.

Lebih lanjut dr Hari mengungkapkan, pada tahun 2008 terdapat yang dilakukan pada 2.118 hamil dan menunjukkan bahwa Dydrogesterone mempunyai keuntungan untuk menurunkan angka keguguran apabila diberikan pada ibu hamil dengan riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya. “Duphaston aman dikonsumsi,” katanya.

Namun demikian, konsumsi obat-obatan yang berisi hormon seperti Duphaston juga tak boleh berlebihan dan hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Pasalnya, penggunaan Duphaston secara berlebihan disebut bisa menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatan.

“Jika digunakan secara berlebihan, risiko kematian janin dan aborsi spontan, rambut yang tidak diinginkan pada wajah janin perempuan, cacat lahir pada bayi seperti langit-langit mulut sumbing dan kelainan jantung bisa muncul,” beber Dr Chandra M. Gulhati.

Umumnya, saat seorang ibu mengalami keguguran berulang maka dokter akan merekomendasikan konsumsi Duphaston hanya pada trimester pertama. Hal ini dikarenakan plasenta belum berfungsi penuh dan tak menghasilkan hormon yang cukup. Setelah 12 minggu, maka hal ini tidak lagi jadi masalah, demikian seperti dilansir Health24 melalui Haibunda.

Loading...