Produktivitas Tergolong Tinggi, Ini Harga DOQ Puyuh Peksi di Pasaran

Ilustrasi: peternakan burung puyuh (sumber: theitem.com)Ilustrasi: peternakan burung puyuh (sumber: theitem.com)

di bidang unggas seperti ayam, bebek, atau bahkan puyuh terbilang cukup menguntungkan. Apalagi karena banyak yang mengembangkan DOQ (Day Old Quail) unggul layaknya DOQ puyuh peksi. Adapun harga DOQ puyuh peksi besutan PT Peksi Gunaraharja dipatok sekitar Rp3.500 per ekor, dengan minimum pembelian 1.000 ekor.

Lantas, apa saja keunggulan dari DOQ puyuh peksi? DOQ satu ini disebut merupakan hasil perkawinan out breeding. Selain itu, puyuh berumur nol hari dengan seragam, telah divaksinasi secara modern, jumlah bibit puyuh betina lebih banyak (mencapai 99%), mortalitas saat pembesaran sangat kecil, berproduksi lebih awal (38-40 hari), umur produksi lebih lama, produktivitas lebih tinggi, masa puncak produksi lebih panjang, menghasilkan dengan ukuran standar, hingga bobot puyuh peksi saat afkir tergolong ideal.

“PT Peksi Gunaraharja adalah satu-satunya perusahaan breeder puyuh di Indonesia yang integrated, yang mampu menghasilkan DOQ (Day Old Quail) yang berkualitas. Dengan didukung teknologi modern dan tenaga ahli di bidangnya, kami mampu menghasilkan DOQ dengan tingkat keseragaman dan kesehatan yang baik, serta waktu tetas yang tepat,” klaim perusahaan.

Meski belum sepopuler ayam, nyatanya beternak puyuh memang terbilang menguntungkan. Hal ini diungkapkan oleh Brigadir Antonius, anggota polisi dari Polres Bangka Tengah yang memiliki bisnis sampingan sebagai peternak puyuh.

“Awalnya saya memang suka unggas dan kebetulan ada teman yang juga jalani bisnis ini, terus karena saya suka unggas akhirnya saya coba-coba karena saya lihat peluang dan keuntungannya juga lumayan,” kata Antonius, Rabu (17/3/2021), seperti dilansir Tribunnews.

Di samping itu, Antonius berpendapat bahwa bisnis ternak puyuh cukup menguntungkan dan cepat, karena semua bagian mulai dari telur, daging, hingga kotoran dapat dimanfaatkan atau . “Untuk proses ternak ini cepat sekali, di mana untuk penetasan ini hanya butuh 17 hari dan setelah itu 40 hari burung puyuh ini sudah bisa bertelur. Untuk omzet sendiri alhamdulillah dalam sebulan dari hasil ternak, baik itu dari telur, daging, dan kotorannya kurang lebih berkisar antara Rp5 juta,” jelas Antonius.

Loading...