Harga di Pasaran Naik, Buah-buahan Impor Tetap Ramai Peminat

Ilustrasi : Pelanggan sedang membeli buah di sebuah supermarket.

BABEL/BANJARMASIN – Selain produk lokal, di pasaran juga telah tersedia buah-buahan . Meski harganya relatif lebih mahal dibandingkan buah-buahan lokal, dan terus merangkak naik seiring melemahnya nilai tukar terhadap dolar AS, namun buah-buahan dari luar negeri ini malah makin banyak peminat.

Di berbagai , buah-buahan impor saat ini memang mulai merangkak naik seiring dengan melemahnya rupiah. Harga buah impor seperti apel Fuji, anggur merah, anggur hitam, dan rata-rata mengalami berkisar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per kilogram. Bahkan, banyak yang tidak berani menjual Sunkist karena harganya yang naik signifikan.

“Saat dolar AS naik, harga buah-buahan impor juga ikutan naik, berkisar Rp5 ribu hingga Rp10 ribuan per kilogram,” kata Udin, salah seorang pedagang buah di lapak Pasar Pagi, Pangkalpinang, seperti dikutip dari Klik Babel. “Apel Fuji sekarang harganya Rp50 ribuan per kilogram, anggur merah Rp70 ribuan per kilogram, anggur hitam Rp100 ribuan per kilogram, dan lemon Rp55 ribuan per kilogram.”

Ia menambahkan, harga buah-buahan ini diprediksi akan terus naik hingga bulan Ramadan mendatang, dan kemungkinan juga diikuti oleh buah-buahan dari dalam negeri. Menurutnya, harga buah semangka ke depan juga kemungkinan akan naik menjadi Rp10 ribuan per kilogram. “Tidak hanya buah impor, harga buah lokal pun ikut menanjak naik,” sambungnya.

Meski harga mulai naik, namun buah-buahan impor ternyata semakin diminati oleh masyarakat. Di ritel modern seperti Hypermart Q Mall, Banjarmasin, penjualan buah impor diklaim naik antara 30 persen hingga 40 persen. Konsumen dikatakan tidak berpengaruh terhadap adanya lonjakan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah, selain memanfaatkan promo Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Tidak cuma di ritel modern, buah impor yang dijual di lapak tradisional pun juga banyak diminati. Kios buah di Jalan Kampung Melayu, Banjarmasin, misalnya, masih ramai menjajakan buah impor, seperti apel Fuji, pear dari China, dan lemon Australia. “Harga buah pear Rp35 ribu per kilogram, apel Fuji Rp40 ribu per kilogram, dan apel AS Rp45 ribu per kilogram,” tutur pemilik kios buah Firdaus, Abdul Muis.

Loading...