Musim Panen Raya Berlalu, Berapa Harga Dasar Gabah Saat Ini?

Harga Dasar Gabah - www.arenamesin.comHarga Dasar Gabah - www.arenamesin.com

dasar gabah (HDG) merupakan instrumen insentif yang digunakan di masa pemerintahan order baru hingga tahun 2003 untuk melindungi dari anjloknya harga pada panen. Namun, sejak tahun 2005 mengganti instrumen kebijakan harga dasar gabah (HDG) menjadi HPP (harga pemerintah). HPP digunakan lantaran HDG dinilai tidak efektif karena instrumen pendukung (pembatasan dan kemampuan Bulog saat panen raya) tidak memadai.

Akan tetapi, pada musim panen tahun 2021 ini rupanya sejumlah petani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengeluhkan harga gabah kering panen yang sampai di bawah HPP yang telah ditetapkan pemerintah. Sebagai informasi, saat ini HPP gabah ditetapkan sebesar Rp4.200 per 1 kilo. “Gabah saya dibeli dengan harga Rp3.600 per kilogram (kg),” ucap Didin, salah seorang petani di Cilebar, Karawang, Jawa Barat, pada (28/6), seperti dilansir Antara.

Karena harga gabah yang anjlok tersebut mengakibatkan para petani mengalami kerugian. Pasalnya, sejak tanam hingga panen cukup tinggi. Petani lain di Karawang bernama Cecep mengaku bernasib sama. Padinya dibeli dengan harga di bawah HPP, padahal kualitas padinya cukup bagus. “Harganya parah, gabah saya hanya dibeli Rp3.400 per kg padahal kalau dilihat kualitasnya, itu bagus,” kata Cecep.

Berbeda dengan Karawang, harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani Provinsi Lampung justru dikabarkan naik sebesar 13,72% selama Juni 2021. “Harga Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani naik 13,72% dari Rp3.851 per kg menjadi Rp4.380 per kg,” kata Kepala BPS Provinsi Lampung, Faizal Anwar.

Sedangkan harga gabah tertinggi di tingkat petani mencapai Rp5.150 per kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang yang terdapat di Kecamatan Sragi, Lampung Selatan. Harga tersebut ada di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP), yaitu Rp4.200 per kg. Sedangkan harga gabah terendah mencapai Rp3.450 per kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Muncul terdapat di Kecamatan Palas, Lampung Selatan.

Di tingkat penggilingan, harga gabah tertinggi Rp5.250 per kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang yang terdapat di Kecamatan Sragi. Harga itu lebih dari HPP yaitu Rp4.250 per kg. Sedangkan harga gabah terendah kelompok kualitas GKP yaitu Rp3.550 per kg dengan Varietas Muncul terdapat di Kecamatan Palas.

Loading...