Dijual dalam Kondisi Segar & Beku, Ini Harga Daging Sapi Impor Australia di Pasaran

Harga Daging Sapi Impor - riverwatchbeef.comHarga Daging Sapi Impor - riverwatchbeef.com

Indonesia termasuk yang tak hanya mengandalkan lokal, tetapi juga sapi impor dari berbagai negara seperti Australia, Amerika Serikat, hingga India. Menariknya, terkadang harga -daging sapi asal luar negeri tersebut biasanya relatif lebih murah dibandingkan sapi lokal. Distributor atau supplier sapi impor pun sudah banyak tersebar di berbagai daerah yang ada di Tanah Air. Selain dijual dalam kondisi masih fresh (segar), sapi impor juga diperjual-belikan dalam kondisi frozen (beku).

Pada momen tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri, rupanya sejumlah pedagang akan menaikkan harga jual daging sapi impor sekitar 10 persen dari harga biasanya. Kenaikan tersebut terjadi bahkan sejak awal Ramadan. “Sejak Ramadhan, harga daging sapi impor yang semula Rp70 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu per kilogram,” ujar pedagang daging sapi Wawan di Blok B Baru Kota Bekasi, seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Wawan mengungkapkan bahwa kenaikan harga daging impor terjadi karena adanya peningkatan selama momen seperti bulan Ramadan. Daging impor asal India dan Australia itu ia peroleh dari distributor di Pulogadung, Jakarta. “Daging impor ini didatangkan ke Pasar Baru Bekasi sejak April akhir 2019 dan harganya memang sudah naik dari sananya,” ujarnya.

Senada, pedagang daging sapi lainnya bernama Ajat di Blok B1 Pasar Baru juga mengaku bahwa kenaikan harga daging impor adalah fenomena rutin yang biasa terjadi selama Ramadan sampai menjelang Lebaran. “Kenaikan sekitar Rp 10 ribu untuk daging impor ini wajar terjadi setiap bulan puasa, pedagang hanya menyesuaikan saja supaya tidak rugi,” bebernya.

Sementara itu, harga daging sapi lokal masih belum terpengaruh oleh kenaikan harga. Daging sapi lokal yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, Bali, dan sebagian daerah di Kepulauan Jawa dijual seharga Rp120 ribu per 1 kilogram. “Harga daging sapi lokal masih relatif stabil karena pasokan masih aman,” ucapnya.

Tak hanya dijual di pasar-pasar tradisional, daging sapi impor Australia juga banyak dijual secara online di sejumlah situs e-commerce. Misalnya saja untuk daging rendang sapi impor beku Australia harga 1 kg-nya dibanderol Rp103 ribu, daging sapi sengkel (shank) import Australia premium Rp93 ribu, daging sapi topside (has luar) Rp98 ribu per kilo, dan daging sapi impor Australia slice beef tipis/sukiyaki mencapai Rp137 ribu.

Loading...