Jelang Idul Adha 2019, Harga Hewan Kurban di Sejumlah Daerah Melonjak

Harga Hewan Kurban - www.theindependentbd.comHarga Hewan Kurban - www.theindependentbd.com

Bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Adha pada tanggal 11 Agustus 2019 mendatang, terhadap di sejumlah ternyata mulai mengalami peningkatan. Bahkan di beberapa daerah kabarnya hewan qurban seperti , , atau domba terpantau melonjak hingga 10% dibandingkan hari-hari biasa.

“Harga jual hewan kurban di beberapa di tiban pada tahun ini mengalami kenaikan sekitar 10 persen dan hal ini bisa berpengaruh pada jumlah hewan kurban tahun ini,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Sugeng Darmanto, Rabu (7/8), seperti dilansir Jogjainside.

Lebih lanjut Sugeng memaparkan jika jumlah hewan kurban yang dijual di pasar-pasar tiban di Kota Yogyakarta masih belum terdata secara pasti lantaran hewan qurban masih terus keluar masuk. “Karena ada kenaikan harga, maka bisa berpengaruh pada menurunnya jumlah hewan kurban tahun ini,” bebernya.

Ditemui secara terpisah, Ketua Pusat Pengadaan Hewan Qurban Angkatan Muda Muhammadiyah Kotagede, Budi Setiawan mengungkapkan bahwa pihaknya menyediakan hewan kurban berupa sapi dan kambing. Kambing didatangkan dari peternak di Parakan Temanggung, sedangkan sapi dari peternak di Paliyan Gunungkidul. “Harga jual kambing bervariasi antara Rp1,8 juta hingga Rp5 juta per ekor. Sedangkan untuk sapi dijual dengan harga Rp21 juta untuk satu orang atau Rp3 juta untuk sepertujuh,” paparnya.

Tak hanya di Jogja, di Kabupaten Kulonprogo harga sapi yang hendak diambil dagingnya untuk kurban juga naik antara Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekor. Salah seorang pedagang sapi di Kecamatan Sentolo, Kulonprogo bernama Pardi menuturkan, harga sapi paling murah Rp18 juta dan paling mahal Rp35 juta per ekor. “Harga sapi ukuran sedang dengan berat daging kurang satu kuintal berkisar Rp18 juta hingga Rp20 juta, atau naik sekitar Rp2 juta dibandingkan hari biasa yang berkisar Rp16 juta hingga Rp18 juta,” ungkapnya.

Senada, di Bekasi kambing ditawarkan mulai harga Rp2 juta untuk ukuran kecil dan mencapai Rp5-6 juta ukuran besar. Meski harganya tak jauh berbeda dari tahun lalu, omzet penjualan hewan kurban di Bekasi kabarnya mengalami peningkatan. “(Ada peningkatan?) Iya lumayan lah. kalau tahun lalu tidak begitu lah. Cuma omzet sekarang lumayan lah gitu,” kata pedagang kurban bernama Ucu.

Loading...