Harga Cuma Ribuan Rupiah, Ikan Gurame Kecil Kerap Dijadikan Bibit untuk Budidaya

Ikan Gurame Kecil - www.bukalapak.comIkan Gurame Kecil - www.bukalapak.com

Hasil dari gurami di Desa Seduri, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar saat ini rupanya terpengaruh oleh cuaca dingin yang belakangan sedang melanda. Desa yang terkenal sebagai sentra peternak gurame di Blitar ini rupanya mengalami penurunan hasil panen hingga 50% karena cuaca yang terlampau dingin.

Imam Nawawi, salah satu peternak ikan gurame mengaku bahwa sejak pertengahan bulan Juni 2018 lalu hasil panen gurame mereka sampai 50%. Apabila biasanya pembesaran berukuran 10 x 30 meter yang berisi 25 ekor gurami bisa panen hingga 3 ton, maka kini hasil panennya hanya sebanyak 1,5 ton. “Belum lagi yang dari proses telur ke pembibitan. Kalau seperti ini dibilang berhasil itu, persentasenya hanya 60 persen,” jelas Imam, seperti dilansir Detik.

Lebih lanjut Imam memaparkan bahwa cuaca yang dingin mengakibatkan nafsu makan ikan menjadi berkurang, sehingga pertumbuhannya pun menjadi lebih lambat dan berisiko terkena penyakit seperti jamur pada bibit ikan, cacar, dan mrupus. “Vaksin sebenarnya sudah ada dari Disnakkan. Tapi kurang efektif diterapkan di kolam besar,” ujarnya.

“Kalau dingin seperti sekarang, dari telur ke bibit itu bisa berhasil 60 persen saja sudah bagus. Terus dari bibit ke pembesaran dapat panen 40 sampai 50 persen itu sudah alhamdulillah,” sambungnya. Karena panen menurun, ikan gurami di pasaran pun langsung naik. Sekarang ikan gurame di tingkat peternak berkisar Rp 40 ribu per kg, padahal sebelumnya hanya sekitar Rp 23 ribu per 1 kilogram. ikan gurame biasanya ditentukan berdasar ukurannya. Ikan gurami yang sudah memasuki usia panen dan ikan gurami yang masih kecil atau bibitan pun tentunya berbeda.

Sebagai , untuk harga ikan gurame kecil ukuran 12-13 cm atau sebesar telapak tangan orang dewasa dijual sekitar Rp 7.500 per ekor. Kemudian ikan gurame yang lebih kecil lagi sebesar ukuran korek api berkisar Rp 3 ribuan per ekor, lalu untuk bibit ikan gurami soang sebesar ukuran 3 jari orang dewasa dibanderol Rp 4.500 per ekor di Bekasi, serta bibit ikan gurami Padang albino sepanjang 8 cm dijual Rp 6.900 per ekor.

Loading...