Harga Cukup Terjangkau, Obat Flutop C Diklaim Bermanfaat Mengatasi Flu

Sakit Flu - (Sumber: sehatly.com)Sakit Flu - (Sumber: sehatly.com)

Keluhan batuk dan tenggorokan merupakan keluhan yang kerap dialami oleh masyarakat. Menurut konsultan di rumah sakit Dr Cipto Mangunkusumo, Dr.dr. Fauziah Fardizza SpTHT-KL(K) mengatakan bahwa batuk dan gangguan tenggorokan disebabkan karena beberapa .

Dr. Fauziah menegaskan batuk bukanlah penyakit melainkan refleks proteksi tubuh untuk membersihkan jalan napas atau tenggorok ketika terpapar lendir atau partikel kecil seperti asap atau debu agar proses bernapas berjalan lancar.

“Batuk dan gangguan tenggorok merupakan keluhan paling sering dikeluhkan . Tidak heran menjadi keluhan paling banyak yang membuat mereka datang ke dokter,” ungkap dr Fauziah.

Dr Fauziah menambahkan penyebab batuk dan radang tenggorok paling sering adalah infeksi jalan napas atas yang dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Virus atau bakteri tersebut menghasilkan lendir yang mengiritasi jalan napas. Mengkonsumsi batuk dapat membantu memperlancar dan melegakan proses bernapas.

“Jangan sampai batuk menjadi kronis dan berpotensi malah akan mengganggu pita suara,” ujar dokter spesialis tersebut.

Salah satu mengatasi gejala di atas, yaitu dengan mengkonsumsi obat, Merek obat untuk mengatasi masalah flu, demam, batuk, bersin-bersin dan sakit kepala, kini sudah banyak beredar di pasaran. Salah satunya merek Flutop C. Obat ini berupa sirup 5ml.

Di dalam obat tersebut, mengandung komposisi yang terdiri dari 160mg paracetamol, 3,5mg dekstrometorfan HBr, 25mg gliseril guaiakolat, 3,5mg fenilpropanolamina HCl, 0,5mg klorfeniramin maleat.

Fungsi obat tersebut adalah untuk meringankan flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin yang disertai batuk. Obat Flutop C tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Untuk Flutop C sirup Rp 6.500-7.271 per botol. Sedangkan yang tablet, seharga Rp 1.167/tablet. Obat ini diproduksi oleh PT Ifars Indonesia dan telah terdaftar di BPOM.

Flutop C ini diklaim memiliki efek samping, antara lain mengantuk, gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, takikardi (denyut jantung berirama lebih cepat dari biasanya), aritmia, dan mulut kering.

Dosis penggunaan yang tepat dibedakan berdasarkan umur, yaitu untuk anak usia 6-12 tahun diminum 3 kali sehari 2 sendok takar 5 ml. Sedangkan untuk dewasa, dapat diminum 3 kali sehari 4 sendok takar 5ml. Obat ini diminum setelah makan.

Tetapi, bagaimana jika yang sakit adalah anak di bawah umur 1 tahun? Batuk-pilek pada bayi umumnya disebabkan karena infeksi virus ataupun alergi. Gejala tersebut sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya (self limiting disease).

Proses tersebut umumnya terjadi antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tidak ada flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak.

Hal yang paling dibutuhkan untuk meringankan gejala tersebut adalah cairan untuk membantu mengencerkan dahak. Sebaiknya diberikan ASI untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, Anda dapat memberikan obat gosok atau dekongestan nasal untuk melegakan pernafasan, seperti Transpulmin BB atau Purekids.

Untuk obat flu yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak di bawah usia 1 tahun, Anda disarankan berkonsultasi dahulu dengan dokter, supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Loading...