Harga Cukup Terjangkau, Linogra Diklaim Ampuh Atasi Gangguan Asam Urat

Ilustrasi: mengatasi gejala asam urat dengan pijatan pada kakiIlustrasi: mengatasi gejala asam urat dengan pijatan pada kaki

Penyakit muncul ketika kadar dalam tubuh melebihi kadar normalnya. Banyak hal yang bisa membuat kadar menjadi tinggi, seperti minuman beralkohol, beberapa jenis makanan, stres, dan sejumlah jenis .

Kadar asam urat meningkat kebanyakan disebabkan oleh makanan yang mengandung purin tinggi, seperti daging merah, tiram, kepiting, udang, jerohan, ikan teri, dan sarden, hingga minuman berenergi. Umumnya, nyeri akibat asam urat bisa diobati dengan beberapa jenis obat, seperti obat dengan kandungan ibuprofen, naproxen, celecoxib, indomethacin, atau meloxicam. Salah satu merek dagang obat yang cukup sering dikonsumsi untuk mengobati asam urat adalah Linogra yang harga Rp300-an per .

Linogra mengandung Allopurinol yang didistribusikan oleh Graha Farma, termasuk golongan inhibitor xanthine oxidase yang bekerja dengan cara menghambat enzim xanthine oksidase sehingga mengurangi pembentukan asam urat dan juga dapat menghambat sintesis purin. Oleh karena itu Linogra dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam urat dan komplikasinya.

Allopurinol sendiri adalah obat yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang berlebih dalam tubuh. Obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim tertentu yang berperan dalam pembentukan asam urat sehingga kadar asam urat dapat ditekan. Asam urat sendiri apabila kadarnya berlebihan akan menyebabkan sejumlah masalah, seperti batu ginjal, radang sendi, dan lain-lain. Allopurinol masuk dalam kategori obat keras, sehingga penggunaannya harus dengan dokter.

“Sebenarnya asam urat adalah senyawa alami yang dihasilkan oleh tubuh. Selama Anda bisa menjaga kadar asam urat normal, maka asam urat tidak akan memunculkan masalah. Yang berbahaya adalah saat kadarnya tinggi, karena bisa memicu penyakit ginjal dan rematik asam urat,” demikian dilansir Alodokter.

Obat asam urat Linogra kemasan tablet (sumber: Tokopedia)

Obat asam urat Linogra kemasan tablet (sumber: Tokopedia)

Asam urat sendiri terbentuk dari proses penguraian zat purin yang ada di dalam makanan atau minuman, seperti daging merah, hati, seafood, , dan bir. Kemudian akan membawa purin ke ginjal untuk disaring dan sisanya akan dibuang melalui urine. Namun, bila tubuh menghasilkan asam urat secara berlebihan dan ginjal tak mampu lagi mengeluarkannya, maka dapat mengundang peradangan sendi akibat terbentuknya kristal padat pada persendian. Karena itu, jangan sampai kadar asam urat melonjak naik.

Penyakit asam urat memang identik dengan orang yang sudah berusia lanjut, hal ini karena kebanyakan para penderitanya adalah kelompok 30-50 tahun. Namun, saat ini tidak sedikit kita menjumpai anak muda atau remaja yang mengalami asam urat tinggi. Hal ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. Asam urat pada usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Untuk mencegah asam urat parah dan mengganggu, sebaiknya Anda ketahui beberapa gejala asam urat tinggi pada remaja seperti nyeri yang tidak tertahankan, adanya pembengkakan, serta muncul panas pada persendian.

Walau semua sendi bisa terkena penyakit asam urat, namun sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki merupakan sendi yang paling sering terkena asam urat tinggi. Anda sebaiknya hindari makanan yang bisa meningkatkan asam urat, seperti sayuran hijau tertentu, daging hewan, hingga soda dan minuman beralkohol.

Loading...