Harga Cukup Mahal, Minyak Ikan Salmon Diklaim Punya Manfaat Ajaib

Minyak Ikan Salmon - (Sumber: minyakikansalmon.com)Minyak Ikan Salmon - (Sumber: minyakikansalmon.com)

Salmon merupakan jenis ikan air tawar dan air yang dianggap sangat ampuh untuk diet sehat karena berbagai yang ditawarkannya. Konsumsi salmon bagus untuk kesehatan rambut, kulit, hingga otak. Karenanya, salmon juga banyak dikonsumsi dalam bentuk suplemen soft gel, tablet, sirup, dan beku.

Salmon memiliki ikan yang tinggi dan bisa diolah dalam berbagai cara, seperti dibakar, direbus, atau dipanggang bersama dengan sayuran. Di pasaran, salmon juga tersedia dalam berbagai bentuk seperti tablet dan . Karena memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salmon kerap dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk dikonsumsi oleh .

Suplemen minyak ikan memang menjadi salah satu suplemen kesehatan paling di dunia. Itu terkait dengan fakta bahwa tubuh kita tidak dapat memproduksi omega-3 sendiri.

Omega 3 merupakan asam lemak yang sangat penting untuk tubuh kita. Omega-3 ditentukan dan disebut sebagai asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat mensintesisnya sendiri dan harus diperoleh dari yang kita . Salah satunya omega 3 terdapat pada minyak ikan, baik itu berbentuk suplemen atau ikan salmon dan tuna. Dengan mengkonsumsi salmon yang kaya akan minyak ikan yang tinggi, maka omega 3 terjadi secara alami di dalamnya.

Jenis minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3 menawarkan sejuta kebaikan bagi kesehatan manusia. Termasuk di antaranya mampu menurunkan tekanan darah, serta memperbaiki pembengkakan dan peradangan akut pada sendi. Banyak penelitian juga membuktikan bahwa omega 3 mampu melindungi tubuh dari risiko kanker. Penderita sakit jantung juga dianggap bisa sembuh jika rutin mengkonsumsi minyak ikan.

Akan tetapi, meski baik untuk kesehatan, konsumsi minyak ikan sebaiknya tetap pada dosis yang dianjurkan dan tidak berlebihan. Jika terlalu banyak dikonsumsi, justru akan memberikan efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Yakni bisa menyebabkan risiko pendarahan pembuluh darah, terutama jika konsumen juga mengkonsumsi obat pengencer darah.

“Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Walau dijual bebas, suplemen jenis apapun baiknya tak dikonsumsi sembarangan,” papar Roshini Rajapaksa, MD, Asisten Profesor kedokteran di NYU School of Medicine.

Dosis yang dianjurkan dalam mengkonsumsi minyak ikan salmon yang berupa suplemen adalah sekitar 3 gram per hari. Sementara jika dalam bentuk makanan alami seperti ikan tuna atau ikan salmon adalah tiga sampai empat kali dalam satu minggu.

Di pasaran, telah banyak suplemen minyak ikan yang hadir dalam berbagai . Setiap minyak ikan diklaim memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Minyak ikan yang mengandung omega 3 memang biasanya dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Namun, mengingat khasiatnya yang baik untuk tubuh, kiranya harga minyak tersebut sesuai dengan manfaat yang didapat.

Di sejumlah apotik, terdapat beberapa merk produk minyak salmon, misalnya Circle Salmon Omega 3-6-9 yang dibanderol dengan harga Rp253.300. Kemudian, G.Bear All Natur Salmon Omega 3 dijual seharga Rp348.000. Serta merek Sea Quil Omega 3 Salmon ditawarkan dengan harga cukup mahal yakni Rp480 ribuan untuk kemasan botol isi 100 butir softgel suplemen.

Loading...