Mudah untuk Diolah, Segini Harga Colatta Dark Compound 1 kg

Jenis Cokelat untuk Membuat KueJenis Cokelat untuk Membuat Kue

yang diproduksi di seluruh sebenarnya ada banyak. Untuk keperluan baking atau membuat misalnya, jenis coklat yang kerap dipakai adalah compound. satu ini banyak digunakan karena banderolnya yang relatif murah dan mudah dalam pengolahannya. Terlebih pilihan compound di Indonesia pun ada banyak, salah satunya merek Colatta Chocolate Dark Compound.

Colatta Chocolate Dark Compound kerap dijual secara ecer (curah), per 250gr, 1 kg, atau bahkan per dus. Adapun harga Colatta Dark Compound 1 kg berkisar mulai Rp46 ribuan sampai Rp60 ribuan per bungkus. Sedangkan Colatta Chocolate Dark Compound 1 kardus isi 12 x 1kg dijual mencapai Rp539 ribuan per box.

Nah, beberapa orang yang masih awam mungkin sulit membedakan antara coklat couverture dan compound. Kedua jenis cokelat ini memiliki perbedaan utama dari dasarnya. “Cokelat couverture adalah campuran cocoa mass dan cocoa butter, sementara cokelat compound adalah kombinasi cocoa powder dan lemak nabati,” kata Technical Manager Puratos Adang Hendra, seperti dilansir Detik.

Kemudian, pada label cokelat couverture biasanya ada persentase cokelat, misalnya 74%. tersebut menunjukkan campuran cocoa mass dan cocoa butter, misalnya 50% banding 24%. Sedangkan sisanya sebanyak 26% bisa saja terdiri dari bahan lain, seperti gula, lesitin, dan vanili. “Semakin banyak cocoa butter, semakin encer dan mahal cokelat tersebut. Sementara itu, semakin banyak cocoa mass, cokelat akan semakin pahit dan murah,” imbuh Adang.

Berbeda dari couverture, cokelat compound biasanya tidak menampilkan persentase kandungan cokelat. Cokelat compound biasanya terdiri dari 50% gula serta 50% campuran lemak dan bubuk kakao. Meski rasa cokelat couverture lebih enak dari cokelat compound, couverture lebih cepat meleleh dan rumit dalam pengolahannya.

“Cokelat compound tidak mudah meleleh seperti couverture. Lebih mudah digunakan tinggal ditim tanpa perlu mesin khusus,” imbuh Pastry Chef Hotel Pullman Jakarta Chef Feri Sulfian. Oleh sebab itu, cokelat compound seperti merk Colatta lebih banyak dipakai untuk keperluan atau industri rumahan karena lebih praktis.

Loading...