Sudah Bersertifikat Halal, Ini Harga Coklat Toblerone Besar

Cokelat Toblerone jumbo (facebook: Genial Humor)Cokelat Toblerone jumbo (facebook: Genial Humor)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan . Ini adalah salah satu merk coklat yang cukup populer, karena punya bentuk yang unik segitiga dan tentunya yang lezat. Bahkan, Toblerone makin dicintai lantaran sudah mengantongi sertifikat halal. Di pasaran, selain kecil, tersedia juga Toblerone besar alias dengan harga mencapai Rp300 ribuan per .

Tidak sulit menemukan coklat Toblerone karena ini sudah dijual bebas di berbagai minimarket, swalayan, bahkan situs jual beli online. Untuk kemasan 200 gram, harganya berkisar Rp35 ribu sampai Rp40 ribuan, sedangkan kemasan 100 gram dijual dengan harga mulai Rp23 ribuan. Nah, jika Anda menginginkan kemasan jumbo seberat 360 gram, ditawarkan dengan harga mulai Rp260 ribuan sampai Rp370 ribuan.

Jika dibandingkan dengan produk coklat sejenis, Toblerone memang sedikit unik. Alih-alih berbentuk kotak persegi, coklat ini punya bentuk segitiga. Namun, bentuk coklat segitiga ini sempat menuai protes penggemar lantaran pada tahun 2016 lalu, Mondelez International, perusahaan asal yang mengakuisisi Toblerone, memutuskan untuk memangkas bobot produk.

“Seperti banyak perusahaan lain, kami menghadapi kenaikan harga sejumlah bahan baku,” tulis Mondelez International dalam akun Facebook resmi Toblerone. “Untuk memastikan Toblerone tetap bertahan, dengan harga yang terjangkau, dan tetap berbentuk segitiga, kami harus mengurangi berat untuk dua ukuran.”

Terlepas dari penurunan berat, yakni dari 400 gram menjadi 360 gram dan dari 170 gram menjadi 150 gram, Toblerone nyatanya masih digemari. Bahkan, coklat ini sudah meraih sertifikat halal pada bulan April 2018 silam. Untuk mendapatkan sertifikat halal tersebut, perusahaan mengaku tidak melakukan perubahan apa pun, sehingga sejak awal coklat ini memang sudah sesuai dengan kriteria halal.

Label halal sendiri pada dasarnya berfungsi untuk memberi petunjuk mengenai makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh umat . Label halal menunjukkan bahwa makanan atau minuman terkait tidak mengandung unsur-unsur haram yang tidak diperbolehkan dalam Islam. Beberapa di antaranya adalah babi, alkohol, dan yang tidak disembelih sesuai syariat.

Loading...