Kualitas Bersaing, Segini Harga Air Mineral Club Gelas 1 Dus

Proses Pembuatan Air Mineral BotolProses Pembuatan Air Mineral Botol

air minum dalam kemasan (AMDK) terus berkembang. Meski terus bermunculan merek-merek baru, PT Tirta Sukses Perkasa (Indofood Group), selaku produsen AMDK merk Club berusaha untuk tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan. Seperti diketahui, Club menjual berbagai AMDK, baik kemasan gelas, botol, maupun galon dengan yang relatif terjangkau.

Adapun harga Club gelas 1 dus isi 48 cup 220 ml dijual kisaran Rp19 ribuan sampai Rp26 ribuan per karton. Ada juga Club gelas mini 150 ml dengan harga sekitar Rp17 ribuan hingga Rp22 ribuan per kardus isi 48 cup. Harga Club gelas 1 dus yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Menurut Business Unit Manager PT Tirta Sukses Perkasa, Hendra Widjaja, di tengah ketatnya persaingan AMDK, produsen harus mampu berinovasi dan menekan harga supaya tetap dapat bersaing. Hendra menilai, menaikkan harga bukanlah langkah yang tepat, karena dikhawatirkan justru dapat membuat beralih ke merek lain. “Sejauh ini kami belum menaikkan harga. Tapi kami terus berinovasi dan melakukan efisien agar bisa bersaing. Hal yang sama juga dilakukan oleh produsen AMDK lainnya,” jelas Hendra, seperti dilansir Kabarbisnis.

Lebih lanjut Hendra memaparkan, sejumlah yang telah dilakukan untuk menekan biaya produksi antara lain, memperpendek ukuran tutup plastik kemasan botol. Kemudian, kandungan plastik dalam pembuatan botol juga dikurangi dari yang awalnya 14 gr menjadi 12 gram saja. Bahkan ke depannya dus yang biasa dijadikan tempat menampung air mineral kemasan pun akan diganti dengan plastik yang diharapkan dapat menekan pengeluaran. “Kapasitas mesin juga kami tingkatkan dari semula 5.000 botol per jam menjadi 20.000 per jam,” ujarnya.

Walaupun persaingan ketat, pangsa AMDK sebenarnya masih sangat besar. Apabila diasumsikan per penduduk Indonesia mengonsumsi 2 liter AMDK per hari, maka dengan jumlah 250 juta penduduk, total kebutuhan AMDK bisa mencapai 500 miliar per hari. Sedangkan pasokan hanya sebesar 27 miliar liter per hari.

Loading...