Panen Raya, Harga Cengkeh Kering per Kilo Justru Terjun Bebas

Harga Cengkeh Kering - zamaye.comHarga Cengkeh Kering - zamaye.com

BATANG/PURWAKARTA – biasanya menjadi saat yang dinantikan para . Namun, tidak demikian dengan cengkeh. Pada musim panen 2019 ini, hasil panen cengkeh memang melimpah, tetapi tersebut justru merosot. Di beberapa daerah di , harga cengkeh kering per kilo turun hingga Rp70 ribuan.

“Harga cengkeh basah sekarang Rp21 ribu per kilogram, sedangkan yang kering Rp70 ribu per kilogram. Kalau kuintal, bisa Rp72 ribuan,” tutur Enjang, salah satu petani cengkeh di Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta. “Harga cengkeh bisa lebih tinggi kalau ke secara langsung. Namun, seperti pabrik rokok biasanya hanya akan membeli dalam besar. Sementara, rata-rata petani hanya menanam dalam kecil.”

Enjang menuturkan, cengkeh ditanam di kebun campuran atau halaman rumah warga. Jumlah produksi berbeda-beda, tergantung usia pohonnya. Ada yang baru berbuah usia delapan tahun sekitar 5 kilogram cengkeh basah. Namun, menurutnya, pada tahun ini, hasil panen terhitung lebat atau panen raya. “Biasanya panen raya terjadi lima tahun sekali,” tuturnya.

Tidak jauh berbeda, di Kabupaten Batang, meski memasuki musim panen, namun harga cengkeh justru mengalami penurunan tajam. Jika harga cengkeh basah berkisar Rp25 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram, maka cengkeh kering dijual dengan harga antara Rp70 ribu hingga Rp80 ribuan per kilogram. Harga ini merosot jika dibandingkan tahun 2014 lalu yang mencapai Rp150 ribuan per kilogram.

“Tahun 2017 lalu, harga cengkeh juga mengalami kemerosotan lebih dari 14 persen, yaitu dari Rp100 ribu per kilogram untuk cengkeh kering, menjadi Rp70 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram,” kata Warnoto, salah satu petani di Desa Tambahrejo, Kecamatan Bandar, Batang, dilansir Tribun Jateng. “Kemudian, di tahun 2018, harga cengkeh merosot hampir 50 persen.”

Tidak hanya di Jawa, harga cengkeh di Bulukumba juga terjun bebas pada musim panen 2019 ini. Pada tahun 2017 lalu, harga cengkeh kering masih berada di angka Rp150 ribuan per kilogram. Sekarang, cengkeh kering dijual dengan harga cuma Rp60 ribuan per kilogram. “Kami tidak tahu kenapa sampai turun begini. Yang pasti, kami mengalami kerugian yang cukup besar,” ujar Arman, petani dari Balampesoang.

Loading...